Ikan koi banyak dipelihara karena memiliki corak warna yang unik dan warna yang cantik. Ikan koi juga terkenal dengan ikan pembawa hoki/keberuntungan. Ikan hias air tawar ini memiliki harga yang lumaya mahal. Ikan koi tergolong tidak agresif dan anda abisa mencampurkan ikan koi dengan jenis ikan hias air tawar lainnya.

Kolam koi bukan hanya mampu mempercantik taman atau halaman belakang rumah, tetapi juga dapat memberi ketenangan bagi Anda. Mungkin Anda memiliki kolam besar dengan banyak ikan berbeda atau kolam yang lebih kecil dengan beberapa koi saja. Apa pun ukurannya, seiring waktu kolam akan menjadi kotor dan harus dibersihkan. Membersihkan kolam koi mungkin terdengar seperti tugas yang berat, tetapi dengan beberapa langkah sederhana dan peralatan yang tepat, Anda dapat menanganinya dengan mudah, dan ikan koi akan hidup bahagia di kolam yang nyaman.

Bersihkan kolam di awal musim. Disarankan untuk membersihkan kolam secara rutin. Cobalah menjadwalkan pembersihan tahunan di awal musim saat kolam belum penuh dengan bakteri dan lumut.

Anda juga dapat menjadwalkan pembersihan pada pertengahan musim jika tidak sempat melakukannya pada awal musim. Pada pertengahan musim kemarau, kolam mungkin penuh dengan dedaunan dan kotoran lain yang diterbangkan angin sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk membersihkannya. Namun, usahakan untuk membersihkan kolam pada pertengahan musim juga sehingga jadwal pembersihan tahunan akan lebih mudah dilakukan.

Tips Rahasia Membuat Kolam Koi yang Sehat

Hal pertama yang perlu diperhatikan bagi penggenar Koi adalah Membuat Kolam Koi yang representatif bagi kelangsungan hidup dan kesehatan Koi. Kualitas air dalam kolam Koi merupakan faktor penentu kesuksesan memelihara Koi. Keindahan dan kesehatan Koi sangat dipengaruhi oleh kondisi air dalam kolam koi. Kolam koi yang representatif meliputi syarat yang cukup bagi kehidupan Koi dan keindahan jika dipandang. Beberapa penggemar Koi ada yang tidak terlalu menghiraukan aspek kedua ini tetapi ada sebagian yang terlalu menekankan aspek keindahan tetapi melupakan syarat yang cukup kolam bagi Koi. Koi merupakan Ikan yang akan nampak indah jika dilihat dari bagian punggung bukan dari bagian samping, maka memelihara Koi dalam aquarium tidak akan dapat menikmati keindahan koi secara maksimal.

Kedalaman Kolam Koi

Sebagian orang beranggapan bahwa agar dapat menikmati keindahan Koi, mereka Membuat Kolam Koi yang dangkal antara 30 cm sampai 50 cm saja, sehingga Koi Mudah dilihat, sebenarnya sah-sah saja anggapan ini, akan tetapi Kolam yang dangkal akan membuat Koi tidak bisa tumbuh dalam ukuran jumbo. Bila Koi Jumbo dipelihara pada Kolam Dangkal lambat laun akan membuat tubuh Koi menjadi bengkok sehingga mengurangi keindahan. Solusinya adalah Membuat Kolam Koi dengan kedalaman yang cukup tetapi air selalu bersih dan jernih sehingga meski Kolam Koi cukup dalam tetap dapat melihat Koi meski berada di dasar kolam sekalipun.

Membuat Kolam Koi yang representatif memang memerlukan biaya yang tidak sedikit yang terkadang berbenturan dengan biaya yang tersedia karena itu dalam Membuat Kolam Koi harus menyesuaikan dengan kondisi. Lebih baik kolam dengan ukuran kecil tetapi kualitasnya baik daripada kolam yang besar tetapi kualitas airnya buruk. Akan tetapi prinsip dasar Kolam Koi yang bisa dipegang adalah Mudah perawatan dan yang lebih penting dapat menjaga kesehatan dan Kualitas Koi.

Membangun Kolam Koi Dengan Tepat Akan Menambah Keindahan

Selain itu dalam Membuat Kolam Koi yang harus dipertimbangkan adalah berapa jumlah Koi yang akan dipelihara dan berapa ukuran Koi yang akan dicapai. Ukuran Kolam yang kecil dan dangkal tidak bisa mendukung pertumbuhan koi mencapai ukuran Jumbo. Selain itu seiring dengan pertumbuhan Ikan Koi dalam kolam akan menghasilkan kotoran dan Kandungan Amonia yang meningkat dalam kolam. Hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kehidupan Ikan Koi.

Sumber Oksigen Penting Dalam Membuat  Kolam Koi

Untuk dapat Membuat Kolam Koi yang optimal ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yang pertama adalah Sumber Oksigen yang cukup dan sistem Filter yang baik.Sebagaimana hewan lain, Ikan Koi memerlukan Oksigen untuk bernafas dan cukup rentan dengan kondisi kolam yang mimim oksigen. Karena itu perlu suplai oksigen yang cukup dalam kolam koi. Oksigen bisa dihasilkan dari pergerakan air kolam koi, misalnya dibuat dengan air terjun atau dilakukan penambahan aerator pada kolam koi. Sistem filter juga memegan peranan yang penting untuk menjaga kualitas air dalam kolam.

Karena itu filter merupakan equipment wajib dalam Membuat Kolam Koi. Sistem Filter dalam Kolam Koi tidak cukup hanya menghasilkan air yang bersih dan jernih saja seperti halnya kolam renang dengan menambahkan Chlorine misalnya. Bagi ikan koi, Chlorine merupakan zat yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidupnya. Sistem filter dalam Kolam Koi juga harus menjamin kolam Koi bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Maka sistem filter biologis menjadi pilihan dalam kolam koi.

Oksigen Yang Cukup, Membuat Kolam Koi Sehat

Beberapa Hal penting yang menjadi catatan sebelum Membuat Kolam Koi:

  1. Lokasi Kolam Koi

Lebih baik Lokasi Kolam Koi adalah di dekat rumah,agar dapat menikmati keindahannya dan diberi makan paling tidak dua kali dalam sehari. Hindari Membuat Kolam Koi dibawah pohon karena daun-daun bisa mengotori kolam dan hindari di tempat-tempat yang tidak aman dari hama dan orang tidak bertanggung jawab.

  1. Membuat Kolam Koi lebih baik di Bawah tanah, dengan cara menggali tanah. Karena Keindahan Koi adalah pada bagian punggungnya. Kolam Koi seperti akuarium kurang memberikan pemandangan yang bagus bagi keindahan koi.
  2. Sistem Filter Kolam Koi Yang baik

Di kolam buatan, berbeda keadaannya. Kita harus mengupayakan agar oksigen dalam air kolam berada dalam jumlah yang mencukupi.

Oksigen diperlukan dalam proses pencernaan ikan koi.

Hasil pengeluaran dari pencernaan ikan koi adalah amonia yang kelur lewat kotoran ikan. Di samping itu, sisa-sisa makanan juga dapat menghasilkan amonia.

Amonia bersifat racun bagi ikan. Sehingga amonia harus segera dikeluarkan dari dalam kolam ikan. Di alam, amonia terfilter secara alami.

Di kolam buatan, pembuangan amonia dilakukan oleh filter yang dirancang secara khusus.

Filter kolam juga berfungsi menambahkan oksigen, membersihkan air dari karbondioksida, nitrogen, dan partikel padat penyebab air kolam kotor.

Pada jenis tertentu, sistem filter berfungsi menyaring pestisida, membersihkan senyawa logam, dan membersihkan zat klorin dari dalam kolam.

MEMBUAT FILTER IKAN KOI SEDERHANA DAN MURAH

Dalam hal ini yang dimaksud adalah membuat tandon filter mekanik yang simpel dan mudah. Bahan-bahan pun ada di sekitar kita. Berikut ini digunakan drum atau tong untuk tandon filter.

Alat dan bahan untuk membuat sendiri filter kolam ikan koi:

Drum atau tong, atau bisa diganti dengan ember dengan ukuran yang disesuaikan

  • Pipa paralon
  • Shock drat
  • Pipa L
  • Pipa T
  • Lem paralon
  • Gergaji besi

Dan perlengkapan lain yang sekiranya dibutuhkan

Matsuba

Leave a comment