Wow! Begini Ternyata Cara Budidaya Ikan Koi di Jepang

Penangkaran Koi Buatan 
Penangkaran Koi Buatan

Cara Budidaya Ikan Koi di Jepang — Semuanya dimulai dengan proses budidaya Koi, kegiatan terpenting untuk Koi Farm yang menentukan masa depan peternakan. Hal ini membutuhkan pengetahuan dan keterampilan, yang dalam keluarga peternak Koi diturunkan dari generasi ke generasi. Dimana sebagian besar peternak menggunakan proses pemijahan manual untuk varietas Koi terbaik mereka, untuk memaksimalkan jumlah keturunan. lalu begini Manfaat budidaya ikan koi.

Para peternak Koi Jepang melakukan kegiatan pembibitan Koi mereka. Kami melihat Marudo Koi Farm, dimana kami menghabiskan waktu bersama para breeder untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses breeding Koi. Dari persiapan sampai pelepasan ke kolam lumpur.

Proses pemijahan koi
Proses pemijahan koi

Peternakan Koi Marudo, sama seperti peternakan Koi lainnya di Jepang, menggunakan kolam beton sebagai tempat pemijahan. Setiap kolam dilengkapi dengan jaring jaring kecil dan beberapa sabut pemijahan. ikan betina ditempatkan di kolam pemijahan selama beberapa jam. Setelah itu biasanya dua, kadang-kadang tiga koi jantan ditempatkan di kolam yang sama untuk mempersiapkan ikan betina dan siap untuk bertelur di malam berikutnya yang akan datang.

Kemungkinan besar pada malam hari atau dini hari oyagoi, atau induk Koi, akan mulai bertelur. Namun di Marudo, proses pengembangbiakan ikan tidak dilakukan secara alami. Untuk itu, staf Marudo memeriksa setiap jam apakah aktivitas pemijahan sudah terlihat. Ini berarti sejumlah staf yang dipilih harus tetap terjaga pada malam hari dan mengamati perilaku dengan cermat.

Kebanyakan peternak Koi Jepang memilih untuk membiakkan Koi secara manual untuk memperbesar jumlah telur yang akan dibuahi. Ini kira-kira meningkatkan jumlah keturunan dengan 3 atau 4 kali jumlah. Khusus untuk varietas kohaku, sanke dan showa pemulia ingin memaksimalkan jumlah keturunannya. Untuk memiliki jumlah keturunan yang lebih besar untuk dipilih. Sudah dalam seleksi pertama, pada usia 3 sampai 4 minggu, kira-kira hanya 10% dari keturunan ini yang akan dipilih untuk putaran berikutnya. Untuk Koi satu warna, seperti chagoi dan karashigoi, Marudo Koi Farm menerapkan cara perkembangbiakan alami. Untuk varietas nishikigoi ini, tidak terlalu penting untuk memilih jumlah yang banyak.

Pada saat oyagoi mulai terburu-buru dan ikan jantan lebih agresif menabrak oyagoi betina, staf Marudo akan mulai mempersiapkan proses manual breeding. Ikan betina terancam dengan air asin, untuk memastikan Ikan bebas bakteri dan didesinfeksi. Karena peternak ingin mencegah agar tidak ada air di mangkuk berisi telur, Ikan digulung dengan handuk.

Perut ikan tekan di atas mangkuk dan dengan hati-hati agar telur bisa dikeluarkan dari betina. Umumnya betina besar bisa menghasilkan lebih dari seratus ribu telur kecil. Selanjutnya jantan dijaring dan dibius dalam kantong Koi satu per satu. Cairan relaksan ditambahkan ke dalam kantong Koi, hal ini akan mempermudah proses pengeluaran sperma. Setelah itu sperma dikeluarkan.

Langkah selanjutnya adalah mencampur telur dengan sperma. Di Marudo Koi Farm, telur-telur betina dipecah menjadi dua atau tiga kelompok yang akan dicampur dengan sperma dari dua atau tiga koi jantan yang berbeda.

Telur koi menempel di Jaring
Telur menempel di Jaring

Telur tersebar dengan hati-hati di atas sikat pemijahan, memastikan sebanyak mungkin telur akan menempel pada sikat. Peternak ingin mencegah bahwa telur akan bergabung satu sama lain. Terlalu banyak telur yang saling menempel atau satu sama lain di satu tempat akan mengurangi jumlah penetasan yang berhasil.

Sekitar 7 hari setelah pemijahan, benih yang baru menetas akan dihitung dan disiapkan untuk dipindahkan ke kolam pembesaran luar. Yang disebut kolam lumpur. Mulai sekarang benih ikan siap menjadi Nishikigoi sejati. Di kolam lumpur ini, Koi akan berkembang dan tumbuh dengan cepat.

Benih ikan koi siap dilepaskan di kolam yang lebih besar
 Benih ikan koi siap dilepaskan di kolam yang lebih besar

Nah Begitulah proses pembiakan ikan koi di Jepang, jangan lupa berikan komentar dan bagikan ke media sosial kalian ya… terima kasih sudah membaca.

Sumber berita : https://www.youtube.com/watch?v=G0Brx-M4z6M

Leave a comment