Tentang Ikan Koi

Cara Membuat Kolam Ikan Koi dengan Mudah dan Indah

Berencana untuk memelihara ikan koi? Sebaiknya, pahami dulu cara membuat kolam ikan koi berikut ini. Bisa dilakukan sendiri lho di rumah!

www.sumberkoi.com

Membangun kolam ikan koi di rumah memang terdengar sulit dan rumit.Namun dengan perencanaan yang matang, ditambah ekstra kesabaran, kamu bisa membangun kolam koi yang cantik.Nah, disini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kolam koi:

Perancangan desain kolam koi, Perancangan sistem filtrasi kolam koi, Penentuan ukuran kolam koi, Pembangunan kolam koi, Stabilisasi kondisi kolam koi itulah lima hal yang perlu kalian ketahui,Nah, biar kamu gak penasaran, simak langsung cara selengkapnya berikut ini

  1. Pilih posisi yang baik dan layak, hal utama yang harus diperhatikan dalam cara pembuatan kolam ikan koi

Kolam koi lebih baik ditempatkan di area yang teduh, daripada di area yang mudah terkena sinar matahari langsung.Sebab, area yang teduh akan memperlambat pertumbuhan alga pada kolam koi.Tak cuma itu, area teduh juga mencegah air kolam terlalu panas.

2. Menentukan ukuran luas kolam

Untuk ikan koi, ukuran kolam paling standard adalah 5600 liter. Mungkin terdengar terlalu besar bagi para pemula.Namun perlu diketahui bahwa kolam yang terlalu kecil malah akan mengganggu pertumbuhan ikan koi. Adapun kedalaman kolam koi yang ideal adalah 1 meter untuk koi berukuran kurang dari 30 cm, sedangkan untuk koi berukuran antara 30-40 cm kedalaman kolam idealnya 1 meter sampai 1,5 meter dan untuk koi berukuran lebih dari 40 cm kedalaman kolam sebaiknya lebih dari 1,5 meter.

3. Perhatikan sirkulasi air dan bakteri probiotik

Bakteri probiotik membuat ikan koi tetap hidup.Bakteri tersebut umumnya dicampur bersama dengan dekorasi air terjun pada kolam.Untuk itu, penting sekali menjaga sirkulasi air beserta bakteri yang terdapat dalam kolam.

4. Tutup lubang yang baru digali dengan liner

Setelah menggali lubang untuk dibuat kolam, langkah selanjutnya adalah menutup lubang tersebut dengan liner.Apabila kamu ingin mengubah bentuk kolam ikan, pilih liner karet atau plastik yang fleksibel yang dapat dipotong atau dibentuk sesuai dengan bentuk kolam sehingga kolam dapat dibentuk unik.

5. Cara selanjutnya yaitu memasang pompa air 

Selanjutnya, saatnya memasang pompa air pada kolam. Pastikan juga pompa diletakkan pada satu hingga dua inci dari dasar kolam agar tak menyedot sedimen.

6. Pasang filter air

Saat berada di alam, tepatnya di sungai, kondisi air terus mengalir sehingga air bersih dan jernih. Selain agar air kolam kebersihannya terjaga, suplai oksigen pun berasal dari kinerja filter. Filter pun dapat menyaring kotoran ikan berupa amonia untuk dibuang.

7. Tambahkan batu dan tanaman sebagai hiasan

Setelah selesai dengan filter, saatnya untuk menambahkan hiasan pada kolam.Jangan gunakan dekorasi imitasi yang bisa membahayakan ikan.Gunakan batu yang halus di bagian dasar dan samping, supaya ikan koi tak cedera karena batu yang runcing.Begitu juga dengan tanaman, kolam yang sehat biasanya akan mengembangkan lapisan ganggang hijau ¾ inci di semua dinding bagian dalam kolam.

8. Masukkan koi ke dalam kolam

Ketika semuanya sudah siap, tambahkan ikan koi ke dalam kolam.  Namun, pastikan bahwa kolam sudah benar-benar siap.Biarkan air bersikulasi dan membanun sedimen.Jika air masih tertahan, kamu perlu menunggu beberapa minggu sebelum memasukkan koi.

            Nah, itu tadi adalah cara untuk membuat kolam ikan koi yang mudah dan cantik ,langkah-langkah pembuatan kolam koi di atas bisa kamu terapkan di rumah. Jangan lupa siapkan hiasan tertentu di tengah atau salah satu sisi kolam koi untuk menjadi tempat bersembunyi bagi para koi agar mereka tidak mudah merasa stres. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di sumberkoi.com  dan Selamat mencoba!

Post Comment