Tentang Ikan Koi

Cara Mudah Memilih Ikan Koi Berkualitas Tinggi

http://arenahewan.com

BLITAR,sumberkoi.com-Koi menjadi salah satu ikan favorit untuk dipelihara.Ikan ini telah lama dikenal sebagai ikan yang mendatangkan keberuntungan.Dalam memilih ikan koi yang berkualitas baik,perlu kecermatan serta ketelitian yang ekstra.Nah,buat kamu yang baru memelihara ikan koi,berikut tips ciri memilih ikan koi yang berkualitas tinggi.Cara Mudah Memilih Ikan Koi Berkualitas.

Garis Punggung Lurus dan Punggung Melengkung Normal

Apabila kamu memperhatikan dari atas, garis punggung ikan koi seharusnya terlihat lurus dan ketika bergerak meliuk saat berenang, punggungnya melengkung dengan wajar.Jika kamu lihat dari samping, garis sebelah atas dan bawah badannya meliuk dengan lengkungan yang wajar.Artinya, jika koi terbaik, sebelah atas badannya tidak boleh terlalu melengkung, namun sebelah bawah jangan sampai membentuk garis lurus.Koi yang saat berenang membentuk lengkungan yang terlalu tajam maka menandakan bahwa koi tersebut tidak layak kamu beli.

Sirip Ikan Tumbuh Sempurna

Sirip yang cantik dan besarannya sesuai dengan badannya, menjadikan koi tampak sempurna di mata kita. Yang paling penting kamu memperhatikan sirip pada dadanya.Sirip ini tidak boleh cacat, karena jika cacat berarti ia memiliki penyakit bawaan atau cacat bawan dari lahir.Beberapa koi yang tidak bagus, memiliki sirip-sirip di tubuhnya yang kerdil. Sirip ekor dan punggungnya sering sekali ditemukan cacat. Begitu pula dengan sirip perutnya dan sirip pada buntutnya.Usahakan memperhatikan sirip-sirip ini sebelum membeli ikan koi dalam jumlah yang banyak. Carilah sirip yang sempurna, karena sirip sempurna bisa jadi pertanda bahwa ikan ini sehat.

Kepala Ikan Berbentuk Sempurna

Ada beberapa wajah koi yang enak dilihat, namun ada beberapa juga pula yang tidak enak dilihat. Ada koi yang mempunyai hidung yang agak menonjol ke depan, ada lagi yang tidak mempunyai tonjolan.Keduanya sih bisa saja dianggap tidak bagus, karena yang bagus adalah koi dengan bentuk hidung yang wajar-wajar saja. Namun juga tidak tenggelam dengan timbunan daging pada pipinya.Begitu pula dengan bentuk rahangnya, jika rahang ikan koi bentuknya tidak waja, itu bisa saja diakibatkan oleh penyakit gill root (akar insang) yang menyerang ikan koi pada saat masih kecil.Cacat pada rahang ini sangat mempengaruhi pada kepala ikan koi yang tidak enak dipandang. Penyakit ini juga mempengaruhi bentuk mulut dan insang.

Warna Sisik yang Bercorak Bagus

Ciri ciri ikan koi berkualitas yang terakhir adalah dilihat dari sisiknya yang mempunyai corak yang menarik.Warna dasar sisik dari ikan koi ini berwarna merah, hitam, kuning dan juga putih. Terkadang beberapa jenis ikan koi juga memiliki motif totol-totol pada tubuhnya sehingga menghasilkan warna yang cantik.Ikan koi dikatakan bagus apabila ia mempunyai sifat aslinya yaitu bisa merubah warna sisiknya sesuai dengan tempat dimana ia hidup.

Ciri Ciri Ikan Koi Sakit

Nah, sebaliknya, kamu bisa melihat ciri-ciri ikan koi sakit, misalnya kenapa ikan koi diam di dasar kolam.Tentunya, kamu memang harus mengetahui tanda ikan koi stress, ciri ciri ikan koi mau mati hingga mengetahui kenapa ikan koi mati.Kamu bisa melihat 10 hal terbalik yang ada di atas mulai dari ikan tidak bergerak aktif, tidak nafsu makan, kulit ikan tidak cerah.Ciri fisik lainnya seperti sisik tidak bagus, mata terlalu besar, bentuk tidak ideal, hingga cara bernafas yang tidak teratur.Atau ikan malah menyendiri, gerakan menabrak sekitar, takut dengan pemiliknya, bisa menjadi tanda atau ciri-ciri ikan koi sakit.

Kamu juga harus mengetahui cara mengobati ikan koi sakit, untuk mencegah ikan kesayangan mati begitu saja.Untuk mengetahui banyak hal soal ikan koi ini memang tidak bisa dibahas dalam artikel pendek saja, namun bisa dalam beberapa artikel.Pastinya, kamu ingin mengetahui mulai dari ukuran benih ikan yang layak ditebar minimal atau ciri ciri ikan koi hamil. Atau juga salah satu ciri bibit ikan dalam kondisi baik dan sehat adalah bergerak lincah, bisa juga berikut ini yang bukan penyebab ikan tidak sehat adalah air yang bersih.Saat memelihara ikan koi atau ikan lainnya, pastinya ada pertanyaan mengenai ciri-ciri ikan nila stress, ciri ciri ikan hias sehat, atau lainnya. 

Ciri-Ciri Ikan Koi Jantan Dan Betina

Saat kamu ingin memulai beternak atau mengembangbiakkan ikan koi ini, kamu pastinya akan mencoba untuk mencari yang mana ikan koi jantan dan betina untuk dikawinkan. Tentunya pemilihan ini adalah dasar untuk kamu memulai beternak ikan koi di kolam.

Bentuk Tubuh Ikan Koi

Saat ikan koi mulai mencapai umur yang matang, biasanya tubuh mereka mencapai sekitar 25 cm di usia sekitar 3 tahun. Walaupun kedua faktor ini bervariasi, namun kebanyakan koi yang sudah matang bisa membedakan mana jantan atau betina.Setelah mereka dewasa, ikan koi betina cenderung lebih gemuk ketimbang ikan koi jantan. Hal ini dikarenakan ikan koi betina membawa telur pada perutnya sehingga nampak lebih bulat. Sayangnya perubahan ini hanya terlihat pada saat mereka dewasa.

Bentuk Sirip Ikan Koi

Perbedaan yang bisa dilihat dari ikan ini adalah dari siripnya. Walaupun perbedaannya tipis sekali, ini bisa menjadi faktor penentu untuk menentukan mana yang jantan atau betina.Pada bagian siripnya di umur remaja menuju dewasa, kamu bisa melihat sirip ikan koi jantan di samping dekat kepala cenderung lebih runcing dan solid.

Cairan Perut Ikan Koi

Ini adalah cara yang menurut PetPi cukup ekstrim, namun bisa kamu pakai untuk membedakan antara ikan koi jantan dan ikan koi betina. Perbedaan ini terlihat dari cairan dalam perutnya yang keluar saat kita pencet.Saat kamu memencet perut lalu ikan koi mengeluarkan cairan putih kental dari lubang anusnya, berarti bisa dipastikan ikan koi ini adalah berjenis kelamin jantan.Sedangkan jika berjenis kelamin betina, ia akan mengeluarkan cairan berwarna kuning atau kotoran yang mempunyai tekstur kasar.

Itulah dia informasi mengenai ciri ciri ikan koi berkualitas dan sedikit informasi mengenai ikan koi yang sedang sakit. Jika kamu sudah memahaminya secara detail, kamu tentunya sudah bisa mempelajari sedikit demi sedikit karakteristik ikan ini Cara Mudah Memilih Ikan Koi Berkualitas Tinggi.Apalagi kamu juga mengetahui ciri-ciri ikan koi jantan dan betina, sehingga kamu dengan mudah bisa mulai mengembangbiakannaya. Dengan begitu kamu bisa memulai untuk menternak ikan koi untuk kebutuhan bisnis. Semoga bermanfaat ya!

Jika kamu suka dengan artikel Sumberkoi.com, jangan lupa bagikan artikel ini ke seluruh dunia dan follow juga Instagram @sumberkoiblitar untuk tahu informasi tentang Ikan terbaru lainnya!

Post Comment