Fakta-Fakta Ikan Koi Yang Harus Diketahui !


Fakta-Fakta Ikan Koi Yang Harus Diketahui !

Ikan koi adalah ikan yang sebenarnya berasal dari dataran Tiongkok. Namun pada abad ke17, ikan ini dibawa ke Jepang untuk dijadikan bahan makanan. Dalam bahasa Jepang sendiri ikan koi juga dikenal dengan sebutan ikan karper atau nishikigoi yang berarti ikan karper yang bersulam emas atau perak. Namun seiring berjalannya waktu ikan ini justru dijadikan sebagai hiasan atau ikan peliharaan. Bahkan tak hanya di Jepang, penduduk lokal Indonesia juga kerap menjadikan ikan koi sebagai ikan yang memenuhi kolam buatan mereka.

1. Berasal Dari Ikan Mas

Menurut DNA menyebutkan bahwa nenek moyang ikan koi adalah ikan mas yang berasal dari Asia Timur. Selain itu studi DNA juga menemukan bahwa adanya proses domestikasi yaitu penjinakan hewan dan pemuliaan.

2. Memiliki Hidup Yang Panjang

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki hidup yang panjang lebih dari 50 tahun. Bahkan, di negara Jepang terdapat ikan koi yang dapat hidup hingga berusia 200 tahun. Namun untuk membuat koi dapat hidup lebih dari 50 tahun, mereka perlu menerima nutrisi yang tepat, air kolam yang tetap bersih dengan kisaran pH optimal yakni 7,5 hingga 8,0 dan selalu memastikan agar jumlah ikan dalam suatu kolam tidak penuh dan sesak, sehingga nantinya menyebabkan ikan-ikan tersebut stres. Tetapi sayangnya, saat ini sebagian besar ikan koi rata-rata hanya mampu bertahan hidup kurang dari 10 tahun.

3. Hewan Yang Jinak Dan Bersahabat

Ikan koi juga termasuk ke dalam jenis ikan peliharaan yang jinak. Ikan koi juga tidak segan-segan mengambil makanannya langsung dari cakupan telapak tanganmu. Hal ini juga berpengaruh terhadap cara perawatan ikan koi yang menjadi lebih mudah, dan membuat ikan-ikan tersebut lebih dekat dengan kita.

4. Terdapat Banyak Varietas

Ikan koi mempunyai banyak varietas yang bebeda dalam setiap jenisnya. Ukuran dan bentuk semua jenis koi pada dasarnya sama hanya saja bagian warna, pola, dan pengaturan skala besar kecilnya corak ikan ini yang hampir tak terbatas.

5. Sering Dikaitkan Dengan Legenda cina

Fakta ikan koi yang satu ini sangat sering dibicarakan yaitu dikaitkan dengan legenda Cina. Legenda tersebut menceritakan tentang ikan Koi yang diberikan tugas untuk berenang di Sungai Huang Ho dari muara sampai ke ujung hulu. Namun sebelum sampai hulu mereka akan di hadapkan oleh rintangan-rintangan yang menghalangi mereka. Salah satu rintangan terberatnya ialah, ikan-ikan tersebut harus berenang mendaki air terjun atau yang dikenal dengan Gerbang Naga untuk bisa sampai hulu. Namun mereka tidak menyerah, dan mempunyai tekad yang kuat untuk melewati berbagai rintangan. Dan setelah mereka berhasil sampai ke hulu mereka akan mendapatkan hadiah yang dapat membuat mereka berubah menjadi naga.

6. Pintar Mengenali Pemiliknya

Ikan koi juga termasuk makhluk yang cukup intelektual dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Karena inilah koi dapat mengenali pemiliknya, hal tersebut bisa dilatih dengan memberi makan ikan ini secara langsung dari kita, atau sering-seringlah datang mengunjungi kolam Koi milikmu. Dengan hal ini mungkin akan membuat koi muncul ke permukaan dengan penuh rasa ingin tahu ketika melihatmu di tepi kolam.

7. Kulit Ikan Koi Bisa Terbakar Matahari

Ikan koi memiliki kulit yang sangat sensitif, terutama bagi mereka yang memiliki sisik berwarna ringan atau putih. Jenis sisik mereka sangat rentan untuk terkena sengatan panas matahari. Pada beberapa kasus ringan, tanda-tanda terbakarnya sisik ikan Koi ialah, munculnya rona merah muda muda yang menyerupai ruam di sekujur tubuh Ikan koi, atau pada spot-spot tertentu.

Bagi Kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut soal ikan koi, Kalian bisa mampir ke situs kami https://sumberkoi.com/ dan instagram kami https://www.instagram.com/sumberkoiblitar/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sumberkoi.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore


Services

  • UI Design
  • Digital Strategy
  • Social Media
  • Content Writing

Contact

  • Jl. Sunset Road No.815 Kuta, Badung, Bali – 80361
  • (021) 123 – 4567
  • support@domain.com