Keuntungan budidaya ikan koi sangat menggiurkan namun juga berisiko tinggi. Potensi yang menggiurkan bagi para pembudidaya telah memacu pengelolaan kolam/tambak dengan kepadatan tebar benih yang tinggi, pemberian pakan yang intensif, dan penggunaan berbagai macam bahan kimia untuk mengendalikan hama penyakit ikan. Hal tersebut tentu akan berakibat pada jumlah limbah yang dihasilkan serta pergeseran keseimbangan ekosistem meningkat ke arah yang merugikan sehingga budidaya ikan justru mengalami banyak masalah kendala yang berujung kepada kerugian atau gagal panen. Penyebab utama kegagalan tersebut antara lain serangan penyakit, factor eksternal, dan akibat adanya senyawa-senyawa toksis seperti H2S, NH3, Nitrit dan lainnya.

Proses biologis dalam ekosistem budidaya ikan merupakan kunci utama dalam pengelolaan budidaya ikan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.  Rancangan teknologi dapat diarahkan untuk menciptakan kondisi ekologis kolam atau tambak yang menguntungkan kesehatan ikan dan kolam serta menghilangkan senyawa yang bersifat toksis melalui proses biologis (bioremidiasi) dan memanfaatkan berbagai mikroba yang menguntungkan untuk meningkatkan kesehatan ekosistem kolam/tambak.

Probiotik adalah mikroba yang menguntungkan bagi ikan koi yang dibudidayakan.  Mikroba itu antara lain bakteri asam laktat seperti Lactobacillus, Carnobacterium, beberapa kelompok Bacillus, dan Pseudomonas.

  1. Fungsi probiotik

peran probiotik sebagai control biologis pada system budidaya adalah:

  1. Menekan pertumbuhan bakteri jahat (pathogen)
  2. Mempercepat degradasi bahan organic dan limbah
  3. Meningkatkan ketersediaan nutrisi esensial
  4. Meningkatkan aktivitas mikro-organisme yang menguntungkan
  5. Memfiksasi nitrogen
  6. Mengurangi pupuk dan pestisida

Adapun peranan probiotik dalam budidaya ikan koi adalah:

  1. Menekan populasi mikroba jahat yang berada dalam saluran pencernaan dengan cara berkompetisi untuk menempati ruang (tempat menempel) dan kesempatan mendapatkan nutrisi
  2. Menghasilkan senyawa anti-mikroba yang secara langsung akan menekan pertumbuhan miroba jahat dan mencegah terbentuknya kolonisasi mikroba jahat dalam system pencernaan hewan inang
  3. Menghasilkan senyawa yang bersifat immunostimulan yaitu meningkatkan system imun ikan (hewan inang) dalam menghadapi serangan penyakit dengan cara meningkatkan kadar antibody dan aktivitas makrofag, misalnya lipo polisakarida, glikan dan peptidoglikan
  4. Menghasilkan senyawa vitamin yang bermanfaat bagi hewan inang (yang diberikan probiotik) dan secara tidak langsung akan menaikkan nilai nutrisi pakan.
  5. Manfaat probiotik
  6. Pencegahan dan pengobatan penyakit

Probiotik dalam budidaya ikan diterapkan dalam pakan dan campuran pada media air.Untuk pakan, probiotik di pakai dengan dicampurkan ke bahan pakan.  Sedangkan untuk media air, probiotik disebarkan ke dalam air kolam atau tambak.

Penerapan probiotik sangat penting untuk pencegahan atau penyembuhan penyakit pada ikan.  Bandingkan dengan penggunan antibiotic yang berlebihan (melebihi dosis) yang hanya akan menimbulkan resistensi pada bakteri jahat.  Artinya bakteri jahat tidak dapat diatasi oleh antibiotik

  1. Ketersediaan pakan

Penggunaan teknologi ramah lingkungan seperti probiotik merupakan alternatif dalam meningkatkan dan mempertahankan produktivitas ikan dengan biaya yang relatif murah.  Dengan adanya probiotik maka proses degradasi bahan organik di dasar kolam atau tambak ikan akan lancar, sehingga menghasilkan zat-zat yang bermanfaat bagi pertumbuhan plankton.

  1. Meningkatkan produktivitas budidaya

Para pembudidaya ikan sering kali harus melakukan panen secara bertahap. Alasannya, ukuran ikan saat ditebar sama tetapi pertumbuhannya berbeda-beda. Dalam hal inilah pemberian probiotik perlu dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ikan yang dibudidayakan.

  1. Memperbaiki lingkungan

Produk yang ramah lingkungan memang menjadi isu penting terutama bagi komoditas bernilai ekspor seperti udang vannamei. Itulah sebabnya probiotik harus digunakan karena penggunaan antibiotic hanya akan meninggalkan residu berbahaya. Probiotik juga dapat memperbaiki kondisi lingkungan lewat proses bioremediasi sehingga menguntungkan ikan budidaya.

Leave a comment