Jenis Jenis Koi

Ikan Koi Goromo

Koromo dan Goromo seringkali disebut-sebut sebagai nama koi, terkait dengan varitasnya. Keduanya punya maksud yang sama. namun demikian kata ‘KOROMO’ dipakai sebagai salah satu nama varitas atau jenis koi, bukan GOROMO. Mengapa Koromo? Sebab dalam kamus bahasa jepang, kata ‘Koromo’ artinya adalah baju, pakaian, atau jubah, Mungkin, karena koi ini tampak seperti memakai pakaian, menurut orang Jepang. Sedangkan Goromo hanya sebatas lafal atau cara orang Jepang mengucapkan bunyi bahasa.
Selain itu Koromo juga dipakai sebagai nama koi pada varitas yang sama. Namun demikian terdapat perbedaan antara KOROMO dan GOROMO. Lebih jelasnya adalah pada nama koi ; Tidak ada nama koi Ai Koromo, yang ada adalah Ai Goromo. Tidak ada Budo Koromo, yang ada Budo Goromo. Demikian juga, tidak ada Goromo Sanke, tapi yang ada Koromo Sanke. Tidak ada Goromo Showa, yang ada Koromo Showa.
Jenis ikan Koi Goromo memiliki nama lain Koromo. Ikan ini merupakan hasil persilangan antara Kohaku dengan Asagi. Pada bagian atas tubuhnya ada corak bulat-bulat warna hitam keunguan bagaikan buah anggur. Ciri-ciri ikan Koi Goromo memiliki 4 varian warna corak, yaitu: indigo, ungu, biru dan hitam.
Perbedaan jenis ikan koi Goromo
Koromo diberikan bagi keturunan Asagi dengan Kohaku atau peranakan dari Asagi dengan salah satu Sanshoku. Macam-macam Koromo adalah Ai-goromo (Blue-Koromo), Sumi-Goromo (Dark-Koro-mo), Budo-Sanshoku, Koromo-Sanke, Koromo-Showa (Ai-Showa).

Ai-goromo adalah peranakan Asagi dengan Kohaku. Sisiknya yang berwarna merah mempunyai lingkaran tepi biru yang membuatnya tampak cantik.

Sumi-goromo adalah koi yang warna hitamnya seperti yang tampak pada bercak hitam Kohaku. Pada kepalanya juga terdapat warna hitam ini. Koi yang mempunyai sisik ungu berbentuk seperti dom-polan buah anggur diberi nama Budo-Sanshoku. Koi ini benar-benar indah. Koromo-Sanke merupakan peranakan dari perkawinan Ai-goromo dan Taisho-Sanke. Tanda biru keluar pada bercak merah pada Taisho-Sanke. Koromo-Showa (Ai-Showa) adalah peranakan dari Ai-goromo dan Showa-Sanshoku. Tanda biru keluar dari bercak merah pada Showa-Sanshoku.

Post Comment