Jenis Jenis Koi

Ikan Koi Matsuba

Koi adalah jenis ikan air tawar yang cukup banyak digemari oleh para pecinta ikan. Untuk mengetahui jenis ikan koi unggulan, kita perlu mengetahui karakteristik yang dimiliki tiap-tiap jenis ikan koi yang ada agar kita tidak salah dalam membelinya.
Hal ini karena banyaknya jenis koi yang memang sangat beragam. Untuk kita yang sudah lama bermain dengan ikan-ikan ini mungkin sudah biasa, tapi bagi kita yang masih awam dan baru ingin mengenal koi, maka hal ini perlu kita kaji lebih dalam. Koi termasuk kedalam kelompok Karper Cyprinuscarpio. Ikan ini merupakan fauna yang sangat unik dan menarik untuk kita pelihara didalam kolam ikan yag kita miliki dirumah.
Sebenarnya, warna corak dan motf yang dimiliki ikan koi hampir sama denga yang dimiliki oleh ikan mas, namun ikan koi memiliki warna yang lebih hidup dan juga lebih beraneka ragam dibanding ikan mas.
Tidak heran jika Koi diklasifikasikan berdasarkan pola, bentuk, dan corak warna yang menghiasi tubuhnya. Berikut saya rangkum beberapa jenis Koi unggulan yang bisa jadi pilihan untuk kamu pelihara dirumah.
Matsuba merupakan Koi yang mememiliki beragam warna dasar ditubuhnya. Mulai dari gin matsuba yang mempunyai warna dasar berwarna putih, gin matsuba yang memiliki warna dasar kuning, dan aka matsuba yang memiliki warna dasar merah. Tetapi secara umum, Matsuba memiliki warna dasar logam dan memiliki corak hitam disetiap sisiknya.
Jenis ikan Koi Matsuba membawa bentuk tubuh relatif besar mirip Karper atau ikan mas. Warna tubuhnya bermacam-macam mulai dari oranye, ada pula yang kuning. Pada bagian punggungnya, ciri-ciri ikan Koi ini terdapat sekumpulan sisik dengan warna kehitaman memanjang dari bawah kepala hingga dekat dengan ekor. Harga Ikan Koi Matsuba ini adalah Rp. 500.000/ ekor.
Ikan Koi Matsuba dengan kualitas tinggi adalah ikan hias air tawar koi yang berasal dari genetika langsung dari Jepang. Tampilan yang mencolok dalam gayanya dengan warna yang unik. Pola biji pinus yang berbeda (matsuba) pada bidang warna solid membedakan Ikan Koi Matsuba dengan ikan koi Jepang lainnya yang memiliki retikulasi (garis seperti jaring). Pola ini terbuat dalam pola yang gelap yang meningkatkan kualitas estetika untuk ikan koi yang indah ini.
Habitat yang ideal untuk Ikan hias air tawar ini adalah kolam koi dengan kapasitas air sekitar 1000 galon yang dilengkapi dengan berbagai batu besar dan batu kerikil serta tanaman yang kuat, Ikan Koi Matsuba sebagai penyuka akar tanaman ikan hias air tawar ini akan mencoba menggali dan mencoba untuk memakan akar tanaman yang tersedia, jangan pernah lupakan untuk melindungi tanaman tersebut dengan meletakkan batu besar dekitar pangkal dan akar tanaman yang kita sediakan. Perawatan kondisi air dengan filter yang bagus akan membuat Ikan Koi Matsuba ini hidup sehat dan mudah untuk dinikmati jika di pandang.
Untuk jenis ikan hias air tawar Ikan Koi Matsuba pejantan ini dapat ditentukan dari bagian anal yang berbentuk cekung dan dapat juga dilihat dari bintik yang terletak pada bagian kepala. Setelah melakukan pemijahan Ikan Koi Matsuba dapat menghasilkan hingga 1000 ekor butir telur.Untuk Anak Ikan Koi Matsuba akan mulai terlihat pada kisaran 4 sampai 7 hari, tetapi ini tergantung dari suhu dan kondisi air yang ada. Untuk makanan ikan hias air tawar yang masih kecil ini dapat diberikan daphnia beku atau makanan hidup yang masih kecil hal ini dapat dilakukan selama 3 sampai 4 minggu pertama.Jika sudah berumur lebih dari 4 minggu ikan hias ini dapat berikan makan remah dan pelet ikan. Untuk warna Ikan Koi Matsuba ini akan muncul sekitar 3 sampai 12 minggu setelah menetas.

Post Comment