Ikan koi adalah ikan hias jenis karper yang berasal dari Jepang, masih satu kerabat dengan ikan mas. Di negara aslinya, koi disebut nishikigoi. Dan ikan memiliki motif warna yang sangat indah dna elegan, tak heran jika ikan yang satu ini menjadi ikan peliharaan favorit banyak orang.

Ada salah satu jenis ikan koi yang banyak menarik perhatian pecinta ikan koi, yaitu ikna koi Utsurimono. Ikan koi jenis ini merupakan salah satu jenis koi yang tergabung di dalam varitas Utsurimono dengan paduan dua warna yang atraktif.

Dalam bahasa Jepang, Utsuri berarti perpindahan, pantulan, atau reflection. Jadi, Utsuri adalah koi yang memiliki pola berselang-seling seperti papan catur. Pada dasarnya Utsuri merupakan Koi hitam dengan alternatif pada berwarna kuning , merah atau putih.

  • A. Sejarah Ikan Koi Utsurimono

Pertama kali ditemukan dari hasil budidaya yang dilakukan Elizaburo Hoshini pada tahun 1875 yaitu pada masa pemerintahan Kaisar Meiji di Jepang. Kala itu dia menyilangkan Magoi dengan Ki Bekko (Ki artinya kuning) yang awalnya disebut Kuro Ki Han (Koi hitam dengan pola warna kuning), kemudian populer dengan nama Ki Utsuri.

Sewaktu pertama kali ditemukan pola kuning pada Ki Utsuri belum tampak sempurna. Baru beberapa tahun kemudian diperoleh hasil lebih baik dari perkawinan antar pasangan Ki Utsuri yang dilakukan oleh Mosaku Hiroi.

Setelah itu ditemukan pula varitas Utsuri dengan pola berwarna putih atau dikenal dengan Shiro Utsuri (Shiro artinya putih) diantara peranakan Ki Utsuri. Shiro pertama kali diternakkan oleh Kazuo Minemura di desa Yamakoshi Jepang pada sekitar tahun 1925.

Sedangkan Hi Utsuri (Hi artinya merah api), sesungguhnya adalah Ki Utsuri yang warna kuningnya berubah menjadi kemerahan atau merah.

B. Warna dan pola Ikan Koi Utsurimono

  1. Warna Ikan Koi Utsuri

Karena Utsuri pada dasarnya adalah Koi hitam, maka warna hitam yang ada lebih disukai adalah yang pekat dan mengkilat. Hindari memilih Utsuri yang terdapat banyak bercak hitam (black spot).

Warna kuning pada Ki Utsuri menyerupai warna daun Ginkgo Biloba sedangkan Shiro Utsuri warna putih laksana salju.

  1. Pola Ikan Koi Utsuri

Pola pada Utsuri idealnya adalah menyerupai papan catur yaitu berselang-seling secara seimbang antara hitam dengan kuning (Ki Utsuri), merah (Hi Utsuri) atau putih (Shiro Utsuri).

  1. Pola di bagian kepala Ikan Koi Utsuri

Utsuri yang baik memiliki pola warna hitam yang seolah membelah kepala, seperti membentuk huruf Y.

  1. Pola sirip dada Ikan Koi Utsuri

Sirip Ki Utsuri atau Hi Utsuri tampak seperti bergaris-garis (stripes), sedangkan untuk Shiro Utsuri, pada pangkal sirip dada terdapat warna hitam atau yang biasa dikenal dengan pola motoguro.

Leave a comment