Jenis Jenis Koi

Ini Dia 3 Jenis Ikan yang Bisa Digabungkan Ikan Koi Dalam 1 Kolam! Apa bisa?

Ini Dia 3 Jenis Ikan yang Bisa Digabungkan Ikan Koi Dalam 1 Kolam!

kolam ikan koi
Kolam ikan koi

Apakah bisa ikan koi satu kolam dengan ikan lain – Ketika pertama kali memelihara ikan koi, sering sekali mucul pertanyaan “Apakah bisa ikan koi digabungkan dengan ikan yang lain dalam satu kolam?  Nah, buat kamu pecinta ikan koi yuk! Simak 3 jenis ikan yang bisa digabungkan dengan ikan koi dalam satu kolam berikut ini.

  1. Ikan Nila Merah

Ikan pertama yang bisa digabung dengan koi dalam satu kolam adalah ikan nila merah selain itu, ikan ini diklaim dapat menjadi sumber nutrisi  hewani. Faktanya menggabungkan koi dengan nila merah merupakan keputusan yang tepat karena nila merah merupakan ikan pemakan pakan apapun yang diberikan ke kolam ikan koi sehingga, pakan akan lebih cepat habis dan kolam menjadi lebih bersih dalam waktu yang lama. Nila merah merupakan ikan yang cepat tumbuh dan dikenal sebagai ikan konsumsi jadi ikan nila merah juga bisa memakan lumut yang tumbuh di dinding dan lantai kolam sehingga, kolam menjadi lebih bersih.

  1. Ikan Fish atau Ikan Sumatera

Tiger fish tergolong dari beberapa jenis ikan yang bisa digabungkan oleh ikan koi dalam satu kolam. Selain itu ikan kecil yang cantik ini dipercaya bisa membersihkan ikan koi dari jamur dan parasit yang tumbuh ditubuh ikan koi. Namun keberadaan tiger fish juga terancam jika nanti ikan koi sudah besar, karena ketika ikan koi sedang lapar bisa saja ikan tiger fish bisa dijaikan santapan ikan koi. Apakah ini yang dinamakan “air susu dibalas dengan air tuba” hehehe ya begitulah kehidupan hewan temen-temen.

Faktanya ikan yang bisa satu kolam dengan ikan koi bersifat parasitisme atau keterbalikan dari simbiosis mutualisme. Simbiosis parasitisme merupakan kondisi ketergantungan  yang terjadi ketika pihak yang satu mendapat keuntungan namun merugikan pihak lainnya.

  1. Ikan Patin

Ikan patin merupakan salah satu ikan yang bersifat nokturnal yakni melakukan aktifitas pada malam hari, ikan ini suka bersembunyi di ilang-ilang tepi sungai, ikan ini juga mampu hidup pada lingkuangan perairan yang jelek, namun ikan ini lebih menyukai perairan dengan kondisi perairan baik. Jadi ikan patin juga boleh dicampur dengan ikan koi karena sifatnya yang jinak dan pemalu.

Nah itu tadi 3 jenis ikan yang bisa digabungkan ikan koi dalam satu kolam, tindakan paling tepat sebelum ingin mengabungkan ikan koi dengan ikan yang lain, hendaknya berkonsultasi kepada penjual ikan tersebut, jangan sampai ikan kesayangan mu mati karena salah mengabungkan ikan dalam satu kolam, semoga informasi kami bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman yaa..