Budidaya Ikan Koi

Inilah Mengapa Harus Berbisnis Ikan Koi, Mulai Saat Ini!!!

ALASAN BERBISNIS IKAN KOI

Alasan pertama mengapa berbisnis Ikan Koi adalah dari segi ekonomi atau pendapatan. Ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang harganya sangat tinggi. Untuk ikan yang bercorak sangat indah, harganya dapat mencapai jutaan rupiah. Alasan berikutnya adalah pasar untuk Ikan Koi sangat bagus, terlebih di Indonesia masih banyak pecinta koi yang jumlah permintaannya tidak pernah surut. Seperti dijelaskan di atas, khususnya koi Blitar, sudah merambah pasar global dunia.

Berbisnis ternak dapat dibilang sebagai bisnis yang tidak akan pernah mati. Ikan Koi adalah jenis ikan hias yang sangat populer di Indonesia, bahkan secara Internasional, bahkan seringkali ikan ini dianggap varian dari Ikan Mas padahal secara genetik berbeda keduanya berbeda. Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah, karena Ikan Koi dipercaya membawa keberuntungan. Kemudian karena Ikan Koi berkerabat dengan Ikan Mas, oleh karena itu di Indonesia banyak orang menyebutnya Ikan Mas Koi.

Oleh karena itu. untuk budidaya Ikan Koi di Indonesia, nama Blitar tentu tidak dapat dilepaskan dan cenderung lebih populer. Blitar menjadi ikon perkoian Indonesia, meskipun daerah lain juga menghasilkan ikan koi. Hal ini disebabkan oleh koi Blitar memiliki corak dan warna yang lebih bagus dari daerah lain. Sejauh ini, bahkan Ikan Koi Blitar telah merambah pasar global, antara lain Amerika Serikat, Singapura, Jerman, dan Belanda.

Namun, kali ini, akan dibahas secara umum mengenai prospek budidaya koi di Indonesia karena semakin meningkatnya jumlah peminat dan penghobi koi. Seringkali diadakan kontes-kontes ikan koi di berbagai wilayah di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa berbisnis ikan koi memiliki peluang yang tinggi.

HAMBATAN DALAM BERBISNIS IKAN KOI

Dimana ada peluang, tentu di situ ada hambatan. Pada budidaya Ikan Koi, hambatan yang sering dialami oleh peternak adalah masalah warna atau coraknya. Warna atau corak Ikan Koi ini merupakan daya tarik utama. Semakin indah warna dan coraknya, maka semakin diminati dan semakin tinggi nilainya.

Berbisnis Ikan Koi memang membutuhkan kesabaran ekstra dalam menghadapi segala masalah. Masalah yang sering dialami oleh peternak koi adalah saat Ikan Koi yang mereka budidayakan berwarna kurang menarik. Terkadang, terdapat warna dan corak yang indah dan langka, namun ternyata semua peternak membudidayakan Ikan Koi dengan warna dan corak yang sama sehingga corak tersebut menjadi melambung tinggi (booming) dan menjadi umum di pasaran. Solusinya adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas dan menjaga kualitas air di tempat budidaya dan pembesarannya. 

Hambatan berikutnya dalam Berbisnis Ikan Koi adalah bibit yang mudah mati. Solusinya yaitu dengan meningkatkan kualitas air. pH air harus pas dan kadar oksigen di dalam air harus cukup. Derajat keasaman ideal untuk kolam ikan koi adalah sebesar pH 6.5-8.0, tetapi ikan koi bisa bertahan hidup pada kondisi air yang bernilai pH sebesar 7.0-8.5.

Jika Anda adalah orang yang hobi memelihara ikan hias atau paham cara perawatannya, Berbisnis Ikan Koi adalah bisnis yang cocok untuk Anda jalankan. Jika Anda kurang memahami dunia perkoian, maka Anda dapat mempelajarinya terlebih dahulu karena pada dasarnya siapa saja dapat terjun ke budidaya perkoian ini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi halaman Sumberkoi.com.

Post Comment