Ikan koi (Cyprinus carpio L) merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki populeritas tertinggi di dunia. Dulunya, ikan koi ini hanyalah ikan jenis goldfish yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Setelah dilakukan eksperimen perkawinan silang antar goldfish, varietas-varietas ikan koi nan cantik pun bermunculan. Salah satunya ikan koi yang diberi julukan utsuri.

Jenis Utsuri adalah jenis Koi dua warna, warna dengan dasar hitam. Variasi warna bisa berupa belang putih (Shiro), merah (Hi), atau kuning (Ki). Karena Utsuri dalam bahasa Jepang berarti bayangan. Sebagi keturunan langsung dati karper asli asia (Cyprinusn carpio) Utsuri harus memiliki warna hitam pekat, sehingga ketika digabungkan dengan warna putih salju Shiro Utsuri akan menjadi Ikan Koi paling menonjol dalam kolam.

Seperti sudah di jelaskan tadi terdapat tiga jenis Koi Utsuri yaitu :

  1. Shiro Utsuri 

Shiro Utsuri merupakan jenis koi yang memiliki warna dasar hitam yang dilapisi dengan warna putih. Shiro Utsuri dikatakan berkualitas jika gabungan warna tersebut terdapat di bagian belakang kepala ikan. Jadi, warna di bagian kepala ikan harus berwarna hitam dan putih.

Variasi Ikan Koi Shiro Utsuri ini terdapat juga beberapa variasi, antara lain :

  • Shiro Utsuri Gin Rin

Terlihat pada warna sisik yang memancarkan kilau cahaya. Dengan warna yang dominan hitam dan Putih yang sama tetapi perbedaannya terletak pada sisiknya yang berkilau dan sedikit transparan.

  • Shiro Utsuri Gin

Pada Shiro Utsuri Gin juga demikian sama warnanya putih agak silver dan hitam tapi sisiknya lagi yang membedakan, terlihat seperti timbul pada sisiknya, terlihat kasat mata perbedaan warna sisik yang satu dengan sisik sebelahnya. Sehinggi bentuk sisiknya terlihat besar-besar dan jelas.

  • Shiro Utsuri Doitsu

Jenis Shiro Utsuri ini sangat berbeda dengan dua jenis di atas, karena warna hitam dan putih pada Shiro Utsuri Doitsu sangat terlihat sekali, dengan hitam yang sempurna dan putih juga demikian, sehingga keindahan dari Koi tersebut terlihat dan sangat detail warna punggungnya.

  • Hi Utsuri

Hi Utsuri merupakan jenis Ikan Koi yang memiliki warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri biasanya memiliki warna orange saat usianya masih muda dan warna tersebut akan berubah menjadi merah cerah jika ikan sudah dewasa.

Terdapat dua variasi lain dari Hi Utsuri antara lain :

  • Hi Utsuri Gin Rin

Perbedaan pada sisik Hi Utsuri Gin Rin sangat terlihat sekali, karena dapat memberi efek berkilau pada jenis Koi ini, sehingga mempercantik tampilan dengan warna merah atau orange yang berkilau.

  • Hi Utsuri Doitsu

Sama pada jenis Utsuri lainnya akan tetapi pasa Hi Utsuri Doitsu corak warnanya tidak semulus Shiro Utsuri, warna hitam pada Hi Utsuri Doitsu tidak membentuk garis yang sempurna, mungkin diakibatkan warna merah yang menyebabkan warna hitam pada suminya tidak begitu keluar. Tetapi hitam dan merahnya terlihat pekat.

  • Ki Utsuri

Ki Utsuri merupakan salah satu keluarga Utsuri yang paling langka. Jenis Ikan Koi ini memiliki kombinasi warna kuning dan hitam. Kombinasi warna Ki Utsuri memiliki kesamaan kriteria dengan Shiro Utsuri dan Hi Utsuri.

Variasi Ki Utsuri juga ada 2 yaitu :

  • Ki Utsuri  Gin Rin

Sama halnya dengan dua jenis Utsuri diatas Koi jenis Gin Rin memiliki sisik yang dapat memantulkan cahaya dan terlihat sedikit agak transparan.

  • Ki Utsuri Kin

Terlihat sama seperti Shiro Utsuri Gin,  warna sisik yang berbeda antara sisik yang satu dengan  yang lainnya, sehingga seperti tidak menyatu dan seperti ada garis pemisah. bedanya warna dasar kuning dan agak keemasan yang terlihat mencolok pada Koi Ki Utsuri Kin ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sumberkoi.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore


Services

  • UI Design
  • Digital Strategy
  • Social Media
  • Content Writing

Contact

  • Jl. Sunset Road No.815 Kuta, Badung, Bali – 80361
  • (021) 123 – 4567
  • support@domain.com