Ikan Koi adalah ikan yang cukup banyak orang memeliharanya karena termasuk ikan hias yang cukup mudah untuk merawatnya. Ikan Koi ini berasal dari negeri matahari yaitu Jepang. Ikan Koi ini termasuk ikan yang sangat popular karena memiliki corak yang bagus,variasi variasi warna yang sangat bagus. Variasi warna yang indah terdapat dari perkawinan silang antara varian koi/jenis koi yang lainnya. Memelihara koi juga dapat di tempatkan di aquarium,tetapi alangkah lebih bagusnya dipeliharaa di kolam karena ikan koi ini lebih bagus dipandang dari atas. Jenis ikan koi jenisnya sangat banyak,namun disini akan membahas tentang jenis ikan koi kohaku :

Macam – Macam Jenis Ikan Koi :

  1. Ikan Koi Jenis Kohaku

Ikan koi jenis kohaku adalah ikan yang sangat banyak di pelihara oleh masyarakat. Ikan ini juga termasuk ikan dengan varian yang paling tua. Cara membedakan ikan jenis ini cukup mudah, ikan koi jenis ini mempunyai kombinasi warna putih dan merah. Jenis ikan kohaku yang bagus yaitu mempunyai bentuk warna putih yang tanpa noda serta warna merah yang pekat dan mempunyai bentukk tubuh yang sangat bagus. Ikan ini juga laris di pasar ikan hias.

  1. Ikan Koi Jenis Kohaku Doitsu

Ikan koi jenis kohaku doitsu adalah jenis variansi dari ikan kohaku. Hal yang membedakan ikan koi jenis ini yaitu pada bagian tubuhnya. Ikan koi kohaku biasa terdapat sisik yang bisa dilihat, namun ikan koi jenis kohaku doitsu tidak memiliki sisik pada tubuhnya. Dari keseluruhan, yang membedakan ikan jenis kohaku doitsu dan lainya adalah pada sisiknya saja yang berbeda.

  1. Ikan Koi Jenis Kohaku Gin Rin

Ikan koi jenis kohaku gin rin mempunyai sisik yang unik. Ikan koi kohaku gin rin memiliki pola pada sisiknya, biasanya di sebut pola Gin Rin. Untuk membedakanya yaitu dengan cara melihat dengan dekat agar bisa mengetahui koi tersebut memiliki pola sisik Gin Rin atau tidak.

  1. Ikan Koi jenis Tancho Kohaku

Ikan koi jenis tancho kohaku termasuk ikan yang memiliki warna campuran yang sedikit. Ikan jenis ini hanya memiliki warna putih dan memiliki tanda merah di bagian kepalanya seperti bendera jepang.

  1. Ikan Koi Jenis Inazuma Kohaku

Ikan koi jenis inazuma kohaku hamper memiliki kemiripan dengan ikan koi kohaku pada umumnya. Yang membedakan ikan koi jenis inazuma yaitu dapat dilihat dari pola ikan, pada ikan inazuma memiliki pola ber zig zag atau sama seperti petir.

Leave a comment