Jenis-Jenis Ikan Koi yang Langka


Ikan Koi adalah salah satu jenis ikan mas atau dikenal dengan nama ilmiah Cyprinus carpio. Selain memiliki pola sisik yang indah, ikan Koi juga kerap dianggap oleh masyarakat Jepang sebagai ikan pembawa keberuntungan.

Selain tergolong langka, ikan Koi yang akan dijelaskan dalam artikel di bawah juga memiliki harga yang cukup tinggi. Jenis Koi apa saja itu? Berikut adalah daftarnya.

  1. Kikokuryu

Ikan koi jenis kikokuryu memiliki dasar putih dengan corak berwarna hitam. Koi ini merupakan kombinasi antara komonryu dan ikan koi platinum. Kikokuryu memiliki sisik mengkilat berwarna metalik.

Kikokuryu adalah jenis ikan komonryu, namun memiliki sisik mengkilat yang jauh lebih mempesona daripada ikan koi komonryu biasa. Harga ikan koi kikokuryu ini sangat bervariasi, yaitu mulai dari Rp 200.000 – Rp 800.000. harga tergantung corak dan warna.

  1. Ki utsuri

Ki Utsuri sendiri merujuk pada warna kuning yang menghiasi tubuh ikan ini atau dapat diartikan ikan Utsuri yang sebagian besar tubuhnya berwarna kuning. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil dibanding jenis ikan Koi lain. Selain itu, ikan Koi Ki Utsuri juga memiliki sirip dan ekor berwarna hitam. Harga ikan koi ki utsuri ini sekitar Rp 850.000 – Rp 900.000.

  1. Hikarimoyomono

Hikarimoyomono adalah salah satu jenis ikan koi yang mempunyai harga yang cukup tinggi dan cukup sulit untuk didapatkan. Hikarimoyomono memiliki tubuh berwarna putih pucat dengan pola corak berwarna merah sedikit blur yang membentuk seperti tulang di bagian punggung.

Harga satuan yang ditawarkan untuk jenis ikan Koi ini tergolong tinggi, yaitu sekitar Rp 700.000 – Rp 900.000. Namun, bagi para pecinta ikan Koi, hal tersebut tentu bukan sebuah masalah mengingat corak dan warna yang dimiliki ikan ini sangat mempesona.

  1. Beni komonryu

Ikan Koi ini memiliki bentuk serta warna yang indah. Selain itu ikan Koi Komonryu kenal juga karena memiliki kemampuan yang cukup unik, yaitu merubah pola warna pada tubuh mereka.

Pada umumnya ikan jenis ini memiliki corak berbentuk besar dengan perpaduan tiga warna yaitu warna hitam, putih dan juga Jingga. Harga untuk jenis ikan ini terbilang cukup mahal. Di Jepang sendiri, ikan jenis ini banyak dipelihara oleh orang-orang kaya. Harga untuk ikan ini sekitar Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000.

  1. Ogon

Koi Ogon adalah jenis persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan jenis Shiro-Fuji. Awal percobaan belum menghasilkan warna emas seluruh tubuh, namun setelah 6 kali generasi keturunan dari Koi yang disilangkan itu, jadilah si Ogon emas yang eksotis.

Ikan ini cukup mahal untuk didapatkan, namun masih di bawah goromo, yaitu sekitar Rp 1,5 juta.

  1. Hariwake

Bisa dibilang Doitsu Hariwake adalah jenis ikan Koi paling mewah. Tubuhnya warna putih keperakan bak mutiara. Ada corak kuning muda di beberapa lokasi menyebar. Siripnya warna putih keperakan pula.

Bola matanya yang satu sisi berkelopak putih dan kelopak yang satunya lagi kuning. Dari harganya juga sudah terlihat ikan satu ini cukup ekslusif, yaitu sebesar Rp 700 ribuan, sama seperti goshiki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sumberkoi.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore


Services

  • UI Design
  • Digital Strategy
  • Social Media
  • Content Writing

Contact

  • Jl. Sunset Road No.815 Kuta, Badung, Bali – 80361
  • (021) 123 – 4567
  • support@domain.com