Koi termasuk dalam jenis ikan Karper Cyprinus carpio. Ikan ini merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu dan indah untuk dipandang. Corak warna dan motif yang dimiliki koi hampir sama dengan ikan mas, namun lebih mencolok dan beranekaragam. Tak heran jika ikan koi juga dibedakan berdasarkan pola, bentuk tubuh dan corak warna yang dimilikinya.

Kohaku

Kohaku adalah jenis koi yang tertua jika dibandingkan dengan koi lainnya. Kohaku biasanya mempunyai warna dasar putih dengan corak warna merah diatasnya. Sebagian besar kohaku memiliki pola dasar warna putih dengan corak warna merah yang memiliki kualitas terbaik. Ada beberapa jenis yang termasuk dalam spesies kohaku, antara lain : Tancho Kohaku, Maruten Kohaku dan Gin Rin Kohaku.

Taisho shanshoku (Sanke)

Sama-sama memiliki warna dasar putih solid Taisho Sanke terlihat hampir mirip dengan kohaku. Perbedaannya jenis koi sanke terletak pada pola warna merah yang dikombinasi dengan warna hitam. Taisho Sanke lebih sering disebut dengan sanke agar para pecinta ikan mudah mengucapkannya.

Showa Sanshoku

Showa Sanshoku atau yang lebih akrab dipanggil showa sebenarnya agak mirip dengan sanke. Perbedaan utama antara kedua jenis koi ini terdapat pada pola hitam yang ada pada ikan ini. Pola hitam pada showa menyebar di seluruh tubuh sedangkan sanke hanya pada bagian atas saja. Pola hitam pada showa juga terdapat pada bagian kepalanya, sedangkan tidak untuk sanke.

Shusui

Shusui adalah keturunan dari spesies Asagi yang tentu saja bisa dibedakan dari sedikit perbedaan yang ada. Perbedaan tersebut ada pada warna sisik dorsal yang membedakan warna jaring biru pada koi Asagi. Sebagai ikan keturunan maka Anda perlu mencermatinya agar tidak salah dengan koi jenis Asagi.

Tancho

Tancho adalah jenis ikan koi yang tergolong dalam spesies kohaku. Ikan ini sangat popular pada kelompok spesies tersebut. Ada banyak cerita legenda yang membuat koi tancho begitu di hormati oleh masyarakat Jepang. Ciri-ciri koi tancho bisa Anda temui pada bagian kepalanya, yaitu ada titik merah / mirip gambar bendera Jepang yang tidak ditemui pada jenis koi lainnya.

Koromo

Koromo merupakan jenis ikan koi yang banyak dikagumi oleh pecinta koi. Koromo merupakan koi dengan pola merah dengan warna gelap (hitam atau biru) yang membentuk pola dibelakangnya. Pada usia yang masih muda Koromo jarang yang sudah mencapai finish dari segi warnanya. Secara umum koromo dinilai berdasarkan pola yang ada pada kohaku, sanke maupun showa. Penilaian lainnya pada pola jaring(net)yang muncul di atas warna merah.

Shiro Utsuri

Ikan Shiro utsuri memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan keenam ikan diatas. Koi ini mempunyai warna dasar hitam dengan corak warna putih. Jenis koi terbaik pada spesies shiro utsuri memiliki ciri khas perpaduan warna hitam dan putih di bagian kepala.

Ki Utsuri

Ki utsuri adalah jenis koi termahal karena jumlahnya yang sedikit. Ikan ini tergolong spesies langka yang sulit untuk ditemui. Tubuhnya memiliki warna dasar hitam dan ditambah dengan corak warna kuning.

Matsuba

Matsuba adalah ikan koi yang memiliki bermacam-macam warna dasar ditubuhnya. Ikan ini disebut ikan koi yang beragam, mulai dari gin matsuba yang berwarna putih, ki matsuba yang berwarna kuning dan aka matsuba yang berwarna dasar merah. Secara umum matsuba berwarna logam dan dilengkapi dengan pola jaring hitam.

Hikarimoyomono

Untuk jenis ikan Koi Hikarimoyomono juga memiliki dasar warna kulit putih, hanya saja putihnya keperakan. Ciri-ciri ikan Koi ini pada bagian punggungnya ada corak aneh, seperti tulang rusuk hitam melintang di kanan dan kiri punggung. Hikarimoyono cukup langka keberadaannya, jarang yang punya.

Asagi

Jenis ikan Koi Asagi sangat unik, sebab punggungnya berwarna biru agak kelabu. Pada bagian kepalanya putih dan merah seperti Koi pada umumnya. Konon ciri-ciri ikan Koi ini bila semakin banyak warna birunya, bakalan semakin mahal. Namun jangan sampai warna putih dan merah khas Koi-nya hilang.

Kinginrin

Ciri-ciri ikan Koi Kinginrin memiliki tubuh seperti Karper. Warna kulitnya kuning, tidak menampakkan bahwa ia jenis ikan Koi. Namun rupanya meamng ia salah satu jenis Koi hasil persilangan. Tubuhnya yang terlalu mirip Karper, membuatnya jadi sering dikira ikan Karper (ikan mas). Ia juga agak mirip dengan ikan Koi Ogon, hanya saja warna kuningnya lebih terang.

Kumpay Slayer

Sering disebut sebagai Butterfly Koi. Jenis ikan Koi Kumpay Slayer memiliki sirip yang panjang melambai bagaikan sayap kupu-kupu. Ciri-ciri ikan Koi ini warna tubuhnya kombinasi jingga- silver keputihan atau kuning-silver keputihan.

Ogon Platinum

Sebagaimana jenis Ogon emas, kalau Ogon Platinum ini pun tidak menampakkan ciri-ciri Koi yang khas, yakni tiadanya warna putih dan merah. Justru tubuh jenis ikan Koi ini warnanya silver sangat mewah, nuansa platinum sungguh terdapat pada dirinya.

Koi Ogon Yamabuki

Jenis ikan Koi Ogon Yamabuki dikenal pula sebagai Ogon saja atau Ogon biasa. Ciri-ciri ikan Koi ini warnanya kuning keemasan dengan sedikit background kulit putih susu. Siripnya kombinasi putih dan kuning.

 

 

Hariwake

Jenis Ikan Koi Hariwake punya tubuh warna putih dan kuning. Warna dasar kulitnya putih susu, dengan cotrak kuning yang besar di bagian dekat kepala dan dekat ekornya. Memiliki sirip dada, sirip perut dan ekor warna putih susu pula.

Kumonryu

Jenis ikan Koi Kumonryu warnanya kombinasi putih susu dan hitam legam. Warna putihnya lebih banyak daripada hitamnya. Coraknya cenderung abstrak sekali, jadi dipastikan tiada yang memiliki bentuk corak tubuh yang sama. Sirip dadanya pun ada yang putih semua, ada pula yang hitam semua.

Ki Bekko

Warna Koi Ki Bekko sangat cantik, kuning cerah dan terang. Ada beberapa spot corak hitam sebagaimana Koki lainnya. Jenis ikan Koi Ki Bekko ini jadi favorit para pecinta Koi.

Aka Bekko

Sama dengan Ki Bekko, bedanya ada pada warna dasar kulitnya yang oranye. Sangat mirip ikan Karper. Corak hitamnya terkonsentrasi di area tubuh bagian atas dan agak menyamping, sepanjang punggung.

Shusui Asagi

Jenis ikan Koi Shusui Asagi punya tubuh warna putih dengan bercak polkadot sisi hitam yang menjari di punggungnya. Siripnya warna oranye. Pada bagian dekat ekor juga ada sedikit warna jingga.

Nezu Ogon

Jenis ikan Koi Nezu Ogon punya tubuh warna emas tua dengan agak kehitaman. Ikan ini punya ciri khas pada bagian bibirnya yang lebar dan tebal, jadi seperti bukan Koi saja. Bahkan ada bebeapa Nezu Ogon yang menampakkan sedikit ada kumisnya. Sungguh ikan yang aneh!

Orenji Ogon

Untuk jenis ikan Koi Orenji Ogon ini warnanya Oranye keemasan. Bagian sisiknya yang di dekat punggung dan tubuh bagian samping agak gelap. Kepalanya oranye kekuningan. Siripnya juga oranye, agak keputihan. Begitu pun ekornya oranye keputihan.

Tancho

Leave a comment