Tentang Ikan Koi

JENIS PAKAN KOI TERBAIK

Pakan koi haruslah memenuhi kebutuhan gizinya. Ikan koi termasuk hewan omnivora yang bisa memakan tumbuhan atau hewan-hewan kecil. Pakan koi dibedakan menjadi 2, yaitu pakan alami dan pakan buatan. Pakan ikan koi yang alami misalnya seperti, udang, cacing, ulat, sayuran dan buah-buahan. Biasanya ikan koi belum terbiasa makan pakan dari sayuran atau buah-buahan, maka dari itu ikan perlu dilatih untuk makan pakan dari sayuran dan buah-buahan. Ikan koi tidak cocok jika dipakan dengan biji-bijian seperti kacang polong dan jagung, karena makanan tersebut tidak dapat dicerna oleh ikan koi. Jadi, jangan sampai ikan koi diberi pakan kacang polong, jagung, ataupun biji-bijian lainnya.
Sedangkan pakan ikan koi yang buatan bisa kita jumpai di pasaran, contohnya di toko-toko pakan ternak, atau toko ikan hias.
Palet untuk ikan koi dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu pelet sinking (pelet tenggelam) dan pelet floating (pelet mengambang). Biasanya anakan koi diberi pelet floating dengan ukuran 250 mikron.
Pakan ikan koi lokal yang biasa digunakan adalah Sankoi, C.P. Koi, Breeder Pro, Super Save, Hokky & Kinkoi, dan lain-lain.
Sedangkan pakan ikan koi import adalah Nozomi, Hikari, Mizuho, Konishi, Saki Hikari, Kenkokanri, CKK, FD, Evolution, Yamato, Shori, Fuyufuji, Fujizakura, Daiici, Aquamaster, Sugiyama, LC, dan lain-lain.
Selain memenuhi gizi untuk ikan, pakan juga harus terjaga kualitasnya. Pakan ikan koi yang kadaluarsa sangat tidak baik untuk ikan koi. Karena pakan bisa mengalami proses oksidasi, sehingga dapat mengakibatkan kesehatan ikan koi memburuk. Pakan ikan koi lebih baik disimpan dalam waktu tidak lebih dari 3 bulan.

Post Comment