Tentang Ikan Koi

Langkah-langkah dan tips untuk menjinakkan ikan koi

Memelihara hewan adalah salah satu hobi tersendiri bagi seseorang, di Indonesia sendiri banyak orang yang memelihara hewan kesukaannya seperti Ikan koi. Ikan koi merupakan hewan yang sangat banyak diminati oleh banyak orang. Nah pastinya kita ingin berinteraksi langsung dengan hewan kesayangan kita agar kita lebih dekat dengan hean kesayangan kita. Namun demikian banyak penggemar koi yang koinnya tidak jinak dan belum bisa hand feeding. Untuk ikan KOI bisa hand feeding memang perlu latihan dan kondisi ikan yang sehat dan ceria. Ikan juga tidak boleh dalam kondisi stress misalnya saat masuk kolam baru. Biasanya saat ikan masuk kolam perlu penyesuaian terlebih dulu sebelum ikan merasa nyaman di tempat barunya.Setelah ikan terbiasa dengan kolam barunya, hal selanjutnya yang kita lakukan adalah melakukan latihan-latihan agar ikan terbiasa terhadap manusia. Berikut latihan yang bisa dilakukan agar Ikan KOI jinak dan bisa makan dari tangan kita.

  1. Memasukkan Ikan Koi Chagoi

Anda harus tahu kalau ikan koi itu ada banyak macam jenisnya. Menariknya adalah setiap jenis ikan koi memiliki karakter dasar yang berbeda-beda. Ada ikan koi yang perangainya sangat jinak, pemberani, pemalu, gesit, dan jahil. Biasanya seiring dengan berjalannya waktu, ikan-ikan ini akan jinak sendiri karena sudah beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun jenis ikan koi yang paling jinak ialah ikan koi chagoi. Anda bisa memelihara beberapa ekor ikan chagoi untuk membuat ikan-ikan koi jenis lainnya ikut-ikutan jinak.

  • Memastikan Kualitas Air Normal

Ketika Anda memelihara ikan, pada saat yang bersamaan Anda pun harus memelihara kondisi air yang menjadi habitatnya. Pasalnya kondisi air berpengaruh besar terhadap tingkat kesehatan ikan. Ikan-ikan koi akan tumbuh dengan baik dan normal apabila dipelihara di air yang sesuai dengan kebutuhannya. Sebaliknya ikan koi yang dipelihara di air yang tidak bagus, maka perilakunya pun ikut terpengaruh menjadi tidak normal. Ikan tersebut akan terlihat pasif, menyendiri, lemas, dan susah dijinakkan.

  • Menjaga Kondisi dan Suasana Kolam

Salah satu ciri-ciri kolam yang ideal adalah ikan-ikan yang hidup di dalamnya berenang secara aktif ke seluruh penjuru kolam sesuka hati. Ikan koi yang sudah merasa sangat nyaman dengan rumahnya akan lebih mudah menjadi jinak dibandingkan ikan koi yang sering merasa tertekan, stres, dan belum beradaptasi dengan baik. Untuk menunjang kenyamanan kolam, Anda bisa memasang fitur seperti air terjun, air mancur, tanaman air, atau gua sebagai tempat persembunyiannya.

  • Mengatur Tingkat Kepadatan Kolam

Sebagai penghobi ikan koi, Anda tentu akan merasa senang sekali apabila berhasil memelihara ikan koi dalam jumlah yang cukup banyak. Tetapi Anda tetap harus memperhatikan populasi ikan tersebut untuk menjaga tingkat kepadatan kolam agar tetap ideal. Kolam yang ukurannya terlalu luas dengan jumlah penghuni yang sedikit biasanya akan membuat ikan koi di dalamnya susah jinak karena sudah terbiasa berenang dengan bebas. Anda perlu menambahkan beberapa ikan koi lagi.

  • Sering Berinteraksi dengan Ikan

Tak kenal maka tak sayang. Kalau Anda mau cepat akrab dengan ikan koi, Anda harus sesering mungkin mengajaknya berinteraksi. Paling gampang, Anda bisa memberikan pakan kepada ikan koi tersebut langsung dari tangan Anda. Mulailah dari menaburkan pelet untuk memancing ikan-ikan koi mendekati Anda. Kemudian Anda bisa memberi potongan roti tawar yang cukup panjang agar ikan koi mau memakannya langsung. Jangan menyerah sebab dibutuhkan percobaan beberapa kali sampai ikan koi berani mendekati kita.

Post Comment