Manfaat dan Keunggulan Budidaya Ikan Koi

Kelebihan dan Manfaat Usaha Budidaya Ikan Koi

Keunggulan Budidaya Koi ? jika anda bertanya-tanya keunggulannya, anda berada di artikel yang tepat, kami akan jelaskan secara gamblang pada artikel ini , selamat membaca 🙂

Ikan Koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai banyak penggemar di kalangan pecinta ikan hias. Ikan Koi berasal dari sebuah persilangan antara berbagai jenis ikan mas dan pertama kali di populerkan di Jepang. Selama bertahun-tahun penduduk Jepang mengembangbiakan ikan koi, barulah mereka sadar ikan ini mempunyai nilai estetika yang tinggi. Keindahan ini mereka jumpai saat tanpa sengaja ditemukan ikan koi berwarna merah dengan corak biru muda. Selanjutnya, berbagai persilangan pun mulai galak dilakukan untuk menghasilkan ikan-ikan koi yang bercorak sangat indah. Budidaya ikan koi untuk keperluan ikan hias mulai serius digeluti di Jepang sekitar tahun 1820-1830. Mereka mulai memeliharanya di kolam ikan yang sudah dibuat khusus di perkebunan.

Manfaat Dan Keunggulan Bak Fiber Untuk Budidaya Ikan Koi

Budidaya ikan koi merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan. Ada banyak sekali peminat ikan koi di pasaran. Bahkan ada beberapa orang yang percaya, ikan koi dapat memberikan keuntungan. Harganya juga bisa sangat mahal. Oleh karena itu banyak orang yang mengembangkan ternak ikan koi. Mereka berternak ikan koi yang memiliki warna dan motif yang indah. Ada banyak media yang bisa digunakan untuk berternak ikan koi. Salah satunya adalah menggunakan bak fiber. Media ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan media untuk mengembangbiakan ikan koi lainnya. Inilah manfaat dan keunggulan bak fiber untuk budidaya ikan koi.

Harga Bak Fiber Terjangkau

Banyak peternak ikan koi yang menggunakan kolam fiber. Hal ini dikarenakan harga bak fiber yang lebih terjangkau dibandingkan menggunakan kolam ikan koi lainnya. kolam fiber mempunyai harga yang lebih terjangkau, jadi anda bisa menghemat biaya pembuatan budidaya ikan koi. Variasi harganya sangat bermacam-macam. Ukuran 100X60X40 dengan volume 240 liter mempunyai harga 752 ribu. Ukuran yang lebih besar juga masih ada. Perawatan kolam fiber juga lebih mudah. Jika dilakukan perawatan dengan baik, kolam ini dapat bertahan lama. Ikan koi juga tidak akan mengalami keracunan. Karena bahan fiber yang aman untuk digunakan.

Bak Fiber Ringan

Salah satu keunggulan bak fiber adalah mempunyai berat yang ringan. Walaupun ukurannya ringan tetapi mempunyai kekuatan yang bagus, kolam fiber sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk budidaya ikan koi saja. Tetapi juga bisa digunakan untuk budidaya berbagai jenis ikan lainnya. material fiberglass yang digunakan untuk membuat kolam fiber tidak mudah rusak atau pun rentak. Material ini sangat tahan dengan paparan sinar matahari dan suhu tinggi. Sehingga tidak mudah retak-retak walaupun diletakan pada luar ruangan. Yang paling penting anda harus merawatnya dengan baik. Kolam fiber juga tidak mudah bocor, jadi anda tak perlu khawatir. Kekuatannya sangat bagus walaupun berat kolam fiber sangatlah ringan.

Ukuran Bak Fiber Bervariasi

Bak fiber mempunyai ukuran yang sangat bervariasi. Dari ukuran yang kecil sampai ukuran yang sangat besar pun ada. Salah satu cara budidaya ikan koi yang paling efektif adalah dengan cara budidaya dengan ukuran yang kecil. Terutama buat anda yang pertama kali memulai budidaya ikan koi. Jika menggunakan kolam semen, anda pasti membutuhkan banyak biaya. Selain itu buat anda yang tidak mempunyai lahan kosong, pasti akan sulit untuk membuat kolam semen. Dengan menggunakan kolam fiber, anda bisa memilih ukuran yang anda butuhkan dan kolam fiber juga bisa diletakan dimana saja. Walaupun anda tidak mempunyai lahan yang luas. Jika budidaya ikan koi anda sudah berkembang. Anda bisa menggantinya dengan ukuran yang lebih besar.

Bak Fiber Lebih Efisien

Dengan menggunakan bak fiber, anda bisa membuat kolam ikan koi yang lebih efisien. Anda bisa menentukan lebar, tinggi dan panjang kolam anda. Untuk membuat kolam ikan koi, anda tak perlu menggali tanah terlebih dahulu. Anda juga bisa meletakannya dimana saja. Bisa didalam ruangan atau luar ruangan. Misal anda ingin membudidaya ikan koi yang banyak, anda bisa membuat kolam fiber yang lebih tinggi dan lebar. Anda juga bisa menambah beberapa tempat seperti tempat ijuk untuk meletakan telur ikan koi. Ikan koi pada saat bertelur biasanya meletakkan telurnya di permukaan. Jadi dengan menggunakan kolam fiber anda bisa membuat kolam sesuai dengan yang anda butuhkan.

Kelebihan Usaha Budidaya Ikan Koi:

  1. Mudah Menerima Makanan

Salah satu alasan Ikan Koi udah dibudidayakan adalah karena ikan Koi mudah menerima makanan apa saja. Ikan Koi mau menerima berbagai jenis makanan baik berasal dari hewan ataupun bahan nabati (tumbuh-tumbuhan). Koi mau menerima ikan, sayur-sayuran, dan daging.

Tetapi untuk mendapatkan ikan Koi yang tumbuh sehat dengan warna yang memikat maka perlu memberi makan Ikan Koi dengan makanan buatan yang merupakan campuran berbagai bahan-bahan nabati dan hewani juga vitamin-vitamin yang sangat positif terhadap pertumbuhan dan warna di badannya.

Baca Juga : Penyebab Koi Mati 

  1. Ikan Koi Mudah Menyesuaikan Diri

Ikan Koi juga dikenal sebagai ikan yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Ikan ini dapat menempati hampir semua tempat. Tetapi pada saat pemindahan, jangan sampai Ikan Koi mengalami perubahan secara mendadak. Kalau hal itu terjadi, kemungkinan Ikan koi akan menderita. Jika anda berminat memelihara Ikan Koi tetapi tidak memiliki lahan yang cukup, anda tidak perlu khawatir karena Ikan Koi tidak membutuhkan tempat terlalu besar.

  1. Ikan Koi Mempunyai Manfaat Bagi Kesehatan

Terdapat banyak sumber manfaat lain dari Ikan Koi karena kandungan yang terdapat didalam daging ikan koi ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Omega 3 bermanfaat untuk otak dimasa pertumbuhan dalam meningkatkan kecerdasan.
  • Protein merupakan salah satu senyawa yang berguna untuk meregenerasi sel – sel tubuh yang lama diganti dengan sel tubuh yang baru.
  • Fosfor yang memiliki manfaat untuk kesehatan tulang.
  • Vitamin D yang sama fungsinya dengan fosfor untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Jenis Koi

Leave a comment