MANFAAT MEMELIHARA IKAN HIAS


Di masa pandemi ini, beberapa orang memerlukan kegiatan yang dapat mengurangi perasaan stres karena harus terus berada di rumah. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memelihara hewan peliharaan. Belakangan ini yang sedang populer adalah memelihara ikan, khususnya jenis Koi. Apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dari memelihara ikan untuk kesehatan? berikut adalah beberapa contoh manfaatnya.


1. Menstabilkan Tekanan Darah dan Menurunkan Kecemasan

Umumnya, tekanan darah ideal ada di bawah 120/80, dan sudah seharusnya tetap pada tingkat ini agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. Jika tekanan darah kita dalam tingkatan normal dan tetap stabil mka akan menurunkan resiko untuk kita merasa stres. Selain itu, ikan yang terlihat warna-warni juga dapat memanjakan mata, sehingga akan menghilangkan perasaan gelisah dan stres yang sedang kamu hadapi. Oleh karena itulah, peliharaan ikan biasanya ditampilkan dalam sebuah restoran, perusahaan, klinik, bahkan rumah sakit

2. Memunculkan Rasa Bahagia

Dengan memelihara ikan, baik itu meletakkannya pada sebuah kolam atau akuarium akan menjadi hiburan tersendiri bagi kamu. Melihat bagaimana tubuh ikan berenang kesana kemari, dengan warna-warnanya yang bervariasi dan indah. Hal tersebut mampu membuat kamu melupakan sejenak aktivitas padat yang ada pada dunia luar. Perlu kamu tahu, ketika memandang ikan hias, mampu memberikan rasa segar pada diri kamu. Hal ini membuat produksi Neurokimia seperti Endocannabinoid, yaitu yang membuat rasa tenang dalam tubuh akan semakin meningkat.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengurangi stres dapat berdampak pada tidur yang lebih baik dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Ikan-ikan dalam akuarium menciptakan perasaan tenang dan damai. Sering kali suara air yang menetes dan suasana menenangkan dapat berkontribusi pada tidur malam yang nyenyak. Jika benar-benar tertarik memelihara ikan, carilah ikan koi. Ikan ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. 

4. Fokus dan Kreativitas Bertambah

Menaruh aquarium ikan hias di kantor ternyata memiliki efek yang bagus. Selain meredakan stres, ternyata juga dapat meningkatkan fokus dan kreativitas. Ketika mata melihat kecantikan ikan hias, otak akan mendapatkan stimulasi visual sehingga lebih fokus dan produktif.

5. Menambah Hobi dan Meraup Keuntungan

Memelihara ikan hias juga bisa menjadi sumber penghasilan baru. Ikan bisa dikembangkanbiakkan untuk kemudian dijual kepada yang berminat mengoleksinya. Sangat menyenangkan bukan? Anda dibayar untuk hobi atau sesuatu yang menyenangkan untuk Anda lakukan.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Dengan memelihara ikan, kebanyakan orang juga akan memelihara tanaman air. Tanaman air berwarna hijau, sedangkan mata kita sangat butuh untuk melihat warna-warna hijau tersebut guna membuatnya terasa lebih santai. Selain warna hijau dari tanaman air, warna-warni pada ikan sendiri juga bisa memberikan ketenangan pada mata. Bahkan para spesialis mata pun berpendapat dengan memandangi akuarium yang berisi ikan dan tanaman-tanaman hiasnya, paling tidak satu jam per hari secara signifikan mampu meningkatkan penglihatan seseorang.

7. Menambah Keindahan Ruangan

Memelihara ikan hias di aquarium maupun kolam juga dapat menambah keindahan ruangan Anda. Dengan dilengkapi aksesoris yang menarik dan lampu yang berwarna cerah serta tambahan air mancur untuk kolam. Suasana ini akan membuat semua anggota keluarga merasa senang saat beraktivitas sembari melihat ikan.

referensi : diambil dari beberapa sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sumberkoi.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore


Services

  • UI Design
  • Digital Strategy
  • Social Media
  • Content Writing

Contact

  • Jl. Sunset Road No.815 Kuta, Badung, Bali – 80361
  • (021) 123 – 4567
  • support@domain.com