Mengenal Lebih Jauh Ikan Koi Bekko


Ikan Koi Bekko merupakan jenis koi yang sangat cantik dan cukup berbeda dari ikan koi lainnya. Ikan ini memiliki warna dasar alternatif putih, merah atau kuning dan dilengkapi dengan corak hitam yang cantik.

Koi Bekko agak mirip dengan Utsuri, sehingga hal ini kadang menimbulkan kerancauan bagi pemula, namun sesungguhnya ada hal tertentu yang membedakannya.

Perbedaan mendasar antara Bekko dan Utsuri adalah sebagai berikut:

  • Pada Shiro Utsuri (Shiro artinya putih) memiliki pola warna hitam di bagian kepala,. Bentuk pola warna hitam (sumi marking) cukup dominan dan tampak membelah pada bagian kepala atau kombinasi antara pola warna hitam di hidung kepala shiro bekko tampak bersih atau sama sekali tidak ada bercak atau pola warna hitam.
  • Pada pangkal sirip dada shiro utsuri terdapat motoguro, sedangkan pada shiro bekko hanya berupa beberapa garis saja (stripes) atau bisa saja tidak ada garis sama sekali.
  • Pola warna hitam pada shiro utsuri tampak lebih dominan dibandingkan warna putih dan menyebar di punggung hingga ke bagian perut. Sedangkan pada shiro bekko pola dan bercak warna hitam hanya sebatas berada di punggungnya.

Tips Memilih Koi Bekko

Bila ingin memiliki Bekko berkualitas, dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

Kualitas Warna

Untuk Shiro Bekko, pilih ikan yang memiliki warna putih yang bersih dengan warna hitam yang pekat. Sedangkan untuk KI Bekko dan Aka Bekko, warna kuning atau merah harus merata dan tampak pekat.

Bagian kepala

Bekko yang berkualitas pada bagian kepalanya tampak benar-benar bersih dan mulus terbebas dari bercak atau pola warna apapun. Namun demikian bila pola warna hitam dipundak Bekko kurang seimbang, maka pola hitam sedikit di bagian kepala masih bisa di terima sebagai penyeimbang pola secara keseluruhan. Tekstur warna putih di kepala harus benar-benar putih bersih dan tidak keabu-abuan sebagaimana memilih koi berkualitas lainnya, hindari pembelian bekko dengan bentuk mulut yang lancip. Sebaiknya anda memilih bentuk mulut koi seperti pada lengkung bulat telur.

Bagian Pundak

Bagian pundak adalah berada diantara kedua sirip dada, untuk bekko yang berkualitas pola warna hitam yang cukup lebar sangat diperlukan keberadaannya. Hindari memilih bekko yang terlalu banyak terdapat bintik-bintik (spots) warna hitam.

Bagian Punggung

Pola warna hitam (sumi markings) pada punggung bekko adalah tampak seperti jejak tapak kaki (stepping stone) hingga menjelang ekornya.

Bagian Sirip

Pada bagian sirip terdapat keharusan memiliki garis hitam. Namun bila kedua sirip bekko memiliki jumlah garis yang seimbang (balance), maka tampak bersih lebih utama untuk dipilih.

Jenis-Jenis Ikan Koi Bekko

Secara umum jenis-jenis koi Bekko dikelompokkan menjadi tiga yaitu:

Koi Shiro bekko

Jenis Koi ini memiliki dua warna hitam dan putih. Hitam atau disebut sumi pada Shiro Bekko yang baik, haruslah seimbang dan memiliki garis tepi (kiwa) yang tajam dan warna dasar putih bersih.

Koi Ki Bekko

Koi Ki Bekko memiliki warna dasar kuning, dan corak hitam diatasnya. Jenis Koi ini adalah yang paling sulit untuk didapatkan dibandingkan dengan jenis lainnya.

Koi Aka Bekko

Ikan ini memiliki warna dasar merah dengan pola hitam diatasnya. Sama seperti Bekko lainnya, totol-totol corak hitamnya kecil-kecil. Tidak terdapat warna putih asli pada tubuhnya, tidak seperti Aka Sanke. Aka Bekko yang baik memiliki warna dasar merah pekat.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Ikan Koi Bekko. Apakah anda berminat untuk memeliharanya? Anda dapat mengunjungi website sumberkoi.com dan youtube sumberkoiblitar untuk membeli koi atau mencari tahu tentang informasi seputar ikan koi lainnya.

referensi : diambil dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sumberkoi.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore


Services

  • UI Design
  • Digital Strategy
  • Social Media
  • Content Writing

Contact

  • Jl. Sunset Road No.815 Kuta, Badung, Bali – 80361
  • (021) 123 – 4567
  • support@domain.com