Budidaya Ikan Koi

Pakan Alami Untuk Ikan Koi

Untuk menekan biaya pengeluaran pakan ikan, Anda tidak perlu memberikan pakan ikan berupa pelet saja. Ada beberapa pilihan pakan yang bisa diberikan untuk menunjang pertumbuhan ikan koi yaitu sebagai berikut ini.

  1. Cacing sutra

Cacing sutra mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh koi untuk pertumbuhan ikan koi serta untuk menghasilkan sperma dan sel telur yang berkualitas, itu alasannya mengapa cacing sutra bagus untuk pakan koi. Apabila ikan koi yang Anda budidayakan kekurangan asupan gizi, maka pertumbuhannya akan terhambat. Tidak hanya itu saja, kekurangan nutrisi juga bisa membuat koi mengalami deformasi tulang belakang.

  1. Cacing darah

Kandungan gizi pada cacing ini tidak jauh berbeda dengan cacing sutra, sehingga baik untuk pertumbuhan ikan koi. Cacing yang sering disebut dengan bloodworm ini kaya dengan kandungan gizi, seperti protein, mineral, dan lemak.

  1. Bekicot

Ikan koi termasuk dalam golongan hewan omnivora, sehingga ikan ini bisa memakan apa saja, termasuk bekicot. Bekicot menjadi pakan alami bagi ikan koi yang mengandung gizi yang sangat baik, sehingga membantu pertumbuhan ikan koi agar lebih maksimal.

  1. Udang

Kandungan yang ada di dalam udang dapat meningkatkan chromatophores atau pigmen warna pada ikan koi. Jika ikan koi kekurangan pigmen warna ini, maka ikan koi dapat berubah menjadi putih (albino).

  1. Kutu air

Meski ukurannya sangat kecit, namun di dalam tubuhnya mengandung banyak nutrisi yang baik dan berguna untuk pertumbuhan ikan koi. Kutu air merupakan pakan yang cocok untuk benih ikan koi karena memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil. Meski berukuran sangat kecil,

Post Comment