1. Deskripsi Trichodina sp

Trichodina sp adalah ektoparasit pathogen dari golongan ciliate,biasanya menyerang ikan yang hidup di air tawar. Parasit ini menjadi masalah terbesar bagi pembudidaya ikan air tawar terutama pada masa masih jadi benih karena parasit ini menimbulkan kerugian ekonomis, pertumbuhan terhambat, periode pemeliharaan lebih lama. Parasit ini mempunyai pengaruh yang sangat besar karena dapat menimbulkan menurunya daya tahan tubuh ikan dan akan terjadi infeksi sekunder. Bila parasite ini dalam jumlah sedikit tentunya tidak akan menimbulkan pengaruh  dampak serius, akan tetapi infeksi yang di sebabkan oleh parasite ini menimbulkan bekas luka terbuka pada tubuh luar ikan (Untergasser, 1989). Bekas lukanya akan menjadi vector pembawa pentogen lainya yang lebih berbahaya.

Menurut Afianto dan Liviawaty (1992) dalam Mulia (2006), predileksi Trichodina sp adalah permukaan tubuh sirip dan insang. Parasit ini menyebabkan penyakit gatal pada ikan yang disebut dengan Trichodiniasis. Ikan yang terkena Trichodina sp bisa diliat dengan adanya bintik bintik putih keabu abuan dan terjadi peningkatan produksi lendir. Tingginya intensitas Trichodina sp disebabkan karena parasite ini berkembang biak dengan cepat dan kondisi air kolam yg membantu bagi kehidupan ektoparasit tersebut.

2. Morfologi Trichodina sp.

Trichodina sp. Dapat menimbulkan penyakit Trichodiniasis yang dapat menyerang kulit ikan atau insang pada ikan. Parasit ini merupakan protozoa berbentuk cakram bulat seperti mangkok dengan gig igigi yang terdapat di bagian tengah. Sisi tubuh parasite ini berbentuk cembung yang berfungsi sebagai tempat menempel cilia yang berfungsi sebagai pergerakan pada permukaan tubuh inang. Parasite ini memiliki anterior dan posterior sebagai alat penempel pada inang dan memiliki dua inti, inti kecil berbentuk vakuola dan yang besar berbentuk tapal kuda.

3. Siklus hidup Trichodina sp.

Siklus hidup parasite ini yaitu dia hanya memiliki 1 host definitife dan tidak memiliki host intermediet. Transmisi Trichodina terjadi melalui kontak langsung dari host yang terinfeksi kepada host yang tidak terinfeksi. Parasit ini berkembang biak dengan cara membelah diri.

4. Patogenesis

Trichodina sp. Menginfeksi dengan cara menempel di lapisan epitel ikan dengan bantuan ujung membrane yang tajam. Setelah menempel, parasite segera berputar putar sehingga merusak sel sel lain, memakan sel sel epitel yang hancur dan mengakibatkan iritasi serius pada ikan.

5. Pengobatan dan pencegahan

Penyakit ini menyerang semua jenis ikan tawar, terutama pada ukuran benih,menempel di bagian kulit, sirip dan insang ikan dan menyebabkan iritasi di bagian tubuh tersebut.

Gejala Klinis :

Sering tanpa melihat tanda klinis, kadang terjadi kerusakan pada kulit dan sirip disertai infeksi sekunder.

Pengobatan:

Ikan yang terkena parasite ini dapat dibberi pengobatan dengan formalin 25 ppm dan NaC1 500 ppm.

Leave a comment