*PENYAKIT BUSUK INSANG/GILL ROT (BRANCHIOMYCOSIS) PADA IKAN KOI*

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias yang mempunyai banyak peminat karena keindahan bentuk tubuh dan corak warna yang ia miliki. Pada kesempatan kali ini, topik utama yang dibahas adalah penyakit ikan koi Busuk Insang / Gill Rot (Branchiomycosis) yang kerap kali menjadi ancaman pudarnya warna keindahan warna dan corak yang ia miliki.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Branchiomyces Sanguinisdan juga bakteri Branchiomyces demigrans. Penyakit jenis ini dapat menular dengan sangat cepat, jika ditemukan ikan koi yang terjangkit penyakit ini maka dengan cepat harus diambil tindakan dengan cara mengisolasi ikan koi tersebut ke wadah karantina, dan segera melakukan sterilisasi pada kolam dengan menggunakan desinfectan yang berguna untuk mencegah penularan lebih lanjut.

Penyakit ini dapat terlihat secara nyata dari timbulnya bercak putih di sekitar area mulut dan kemudian bisa menyebar hingga ke seluruh permukaan insang yang mana jika tidak segera diobati maka ikan koi ini akan mati kaku dan insang akan membusuk.

Jamur penyebab busuk insang pada ikan koi іnі ѕаngаt mudah berkembangbiak. Maka, jіkа satu ikan koi уаng terjangkit jamur ini, maka dapat dipastikan ikan koi уаng lаіn dalam satu kolam dараt dеngаn cepat terinfeksi juga.

Tingkat kematian yang diakibatkan oleh busuk insang ini dapat dibilang cukup tinggi hingga mencapai 100% sehingga tindakan pengobatan sedini mungkin akan sangat menolong kesembuhan ikan koi di karenakan tingkat infeksi insang lebih dari 50% dan sangat kecil kemungkinannya ikan koi ini dapat diselamatkan.

Penyebaran atau penularan penyakit busuk insang ini adalah melalui spora dimana insang yang membusuk akan hancur dan sporanya dapat berhamburan di dalam air, lalu kemudian hinggap ke inang yang baru.

Gejala klinis

  1. Insang mengeras dipenuhi oleh jamur yang hampir serupa dengan tumpukan kotoran dan nantinya insang koi akan berwarna pucat
  2. Ikan koi malas bergerak dan cenderung pasif
  3. Untuk memastikan ikan koi ini terkena busuk mulut,maka dapat membuka sedikit ke celah insang ikan koi, kondisi insang yang terjangkit busuk mulut ini biasanya berwarna putih hingga biru sedikit kehijauan
  4. Ikan bernafas dengan tersenggal-senggal
  5. Terdapat luka di kulit, sirip, dan insangnya

 

Cara mencegah busuk insang pada ikan koi

  1. Mengisolasi ikan koi yang sudah terinfeksi penyakit ini
  2. Rajin membersihkan chamber filter mekanis di sekitar dinding kolam dan juga pastikan kolam dalam keadaan steril, lalu bersihkan juga kotoran yang  sudah menumpuk dengan lama, maka dengan ini dapat menjadi sumber timbulnya jamur penyebab busuk mulut
  3. Lakukan juga dengan rutin tahap pengukuran parameter secara reguler terutama dengan menjaga agar pH  di dalam kolam diatas 6,5
  4. Beri larutan methylene blue ke dalam kolam ikan koi sebanyak 1 garm per 5000 liter air setiap 14 hari atau juga bisa sebulan sekali

Cara mengobati busuk insang pada ikan koi tahap 1

  1. Perendaman ikan koi selama 3 jam ke dalam larutan yang berisi 0,3 ppm Malachite Green dan juga 1 ppm Copper Sulphate, setelah itu kuras air dan kemudian ganti air dengan larutan Acrivlavine 1 gr per m3 air. Lakukan cara ini selama kurang lebih 5 hari.
  2. Untuk gejala awal anda bisa melakukan perendaman ke dalam larutan dengan tambahan sekitar 3-5% garam, dan diamkan bersama ikan koi selama 5 menit.
  3. Anda juga bisa memberikan sedikit larutan malacheet green dengan dosis setidaknya 60 gram /M3. Lalu kemudian masukkan obat itu ke dalam air lalu kemudian disusul oleh di masukan nya ikan koi, dan tunggu kurang lebih sekitar 10 – 15 menit.

Selama proses pengobatan ini berlangsung, maka bak karantina harus diberi aerasi yang cukup agar ikan koi tidak semakin kritis kondisinya.

  1. Cara mengobati busuk insang pada ikan koi tahap 2

Untuk tahap yang kedua ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahap yang pertama, hanya saja tahap yang kedua ini banyak dilakukan oleh para penghobi ikan koi dalam pengobatan ikan koi yang terkena busuk insang, dengan cara merendam ikan koi yang sakit busuk insang ke dalam campuran 0,1 gram Green F yang anda campur ke dalam 10 liter air.

Atau juga bisa anda masukan satu sendok teh Aureomycin ke dalam 10 liter air bersih. Dengan cara itu, anda juga harus menyesuaikan dengan lama perendaman dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan obat.

Catatan:

  • – Selama proses pengobatan,maka anda jangan sekali-kali memakai media filter kimia, misalkan carbon, ceramic ring, batu zelroid, dll.
  • – Penggunaan filter biologi ini tidak begitu bermasalah pada pengobatan namun efek samping nya adalah dapat merusak adanya sistem filtrasi biologi itu sendiri.

Leave a comment