Pembudidayaan dan pemeliharaan ikan koi dengan cara yang salah dapat mengakibatkan berbagai dampak buruk. Salah satu dampak buruk yang dapat terjadi adalah terserang berbagai jenis penyakit berbahaya yang bisa saja membuat ikan sakit bahkan sampai mati. Salah satu jenis penyakit yang sering menyerang ikan koi adalah infeksi jamur saprolegnia atau juga bisa disebut saprolegniasis. Penyakit ini sangat berbahaya bisa mengakibatkan sampai ikan mati, penyakit ini juga bisa menular dengan sangat cepat.

Penyebab dari penyakit ini adalah jamur saprolegnia sp yang bersifat parasit. Timbulnya parasit ini terjadi karena kualitas air yang buruk, perawatan yang kasar, kepadatan tinggi, kurangnya nutrisi ikan koi, kurangnya oksigen di air dan pH air yang terlalu asam dibawah 6,5 juga bisa menjadi penyebab timbulnya jamur saprolegnia.

 

Gejala Infeksi jamur Saprolegina pada ikan koi

Gejala yang terjadi pada ikan koi ada berbagai macam dan gejala tersebut memiliki beberapa tahapan yang bisa sangat berpengaruh tidak hanya secara fisik tetapi juga perikau ikan koi tersebut.

Pada gejala awal ikan koi akan mengalami munculnya bercak putih keabuan pada badan yang semakin lama semakin membesar, tahap selanjutnya akan muncul selaput putih seperti kapas pada kulit dan insang, kemudian perilaku yang terjadi adalah ikan malas bergerak dan kurang repon terhadap rangsangan. Biasanya ikan koi jaadi sering menggosokkan badannya ke benda yang keras seperti dinidng dan dasar kolam, sebelum mati ikan menunjukan gejala kehilangan keseimbangan yang berakibat kematian ikan karena masalah osmosis jika infeksi di insang berakibat kesulitan bernafas.

 

Cara Mencegah Terjadinya Infeksi Jamur Saprolegina pada ikan koi

Ada beberapa cara mencegah infeksi saprolegnia agar ikan koi tidak terserang infeksi ini. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah yang bisa dilakukan agar ikan koi terbebas dari infeksi jamur saprolegnia, diantaranya:

  1. Harus menjaga pH air dalam kolam diatas 6,5
  2. Jaga parameter air kolam stabil dan sehat sehingga ikan tidak stress
  3. Jangan sembarangan memasukkan ikan baru yang belum dikarantina yang cukup (minimal seminggu) karena infeksi ini memiliki masa laten 5 hari
  4. Sering-sering membersihkan bagian filter mekanis
  5. Gunakan lampu UV untuk menekan peretumbuhan jamur pada kolam
  6. Beri methylene blue dengan takaran 1 gr untuk 5000 liter air setiap satu bulan sekali

 

Cara Pengobatan infeksi jamur saprolegnia

Ada banyak macam cara pengobatan yang bisa dilakukan jika ikan koi terserang penyakit infeksi jamur saprolegnia. Beberapa tahap yang bisa dilakukan dalam pengobatan ikan koi adalah Perendaman kedalam larutan 1 gram/100 liter air Kalium Permangatat (PK) selama 90 menit, Perendaman kedalam 100-200 ppm Formalin selama 1-3 jam sampai ke Perendaman kedalam 3-5 ppm Methylene Blue selama 24 jam.

Selain itu anda juga bisa melakukan pengobatan dengan cara alami agar ikan koi terhindar dari efek samping yang buruk. Obat yang alami yaitu seperti:

  1. Daun pace
  2. Daun jeruk bali
  3. Bawang putih

Itulah bahayanya infeksi jamur saprolegnia, jika kita tidak mengawasi ikan dengan sering ikan bisa terserang penyakit laiinya juga. Maka dari itu kita harus sering membersihkan kolam, membersihkan air, dsb. Yang terpenting selalu beri ikan nutrisi yang bagus agar ikan menjadi sehat dan indah.

 

 

 

 

Leave a comment