Tentang Ikan Koi

Penyebab Ikan Koi Mati Cara Mengantisipasinya

http://jejaksemut.com

Penyebab ikan koi mati.Ikan koi adalah salah satu tipe ikan hias yang banyak dipelihara oleh para penggemar ikan hias.Ikan koi konon katanya bisa membawa keberuntungan untuk pemiliknya.Ikan ini mempunyai warna yang sangat menawan serta mempesona sehingga banyak sekali yang menyukainya.Akan tetapi ikan ini butuh perawatan spesial.Kamu butuh menguasai cara menjaga koi yang baik supaya ikan koi kamu bisa senantiasa sehat serta lincah.Kamu pula wajib mengenali perilhal apa saja yang butuh dicermati supaya ikan koi kamu tidak hadapi kematian tiba-tiba.Ikan koi bisa hadapi kematian tiba-tiba diakibatkan oleh sebagian aspek.Berikut pemicu ikan koi tiba-tiba.

1.Kualitas Air Yang Buruk

Kualitas air merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan dalam merawat ikan koi. Kualitas air kolam koi sangat berpengaruh terhadap ikan koi Anda, termasuk kesehatan ikan. Kualitas air yang buruk karena kehadiran amonia merupakan penyebab ikan koi mati yang paling sering ditemui dalam kasus kematian ikan koi mendadak. Kualitas air yang buruk dapat menyebabkan ikan koi melompat dari kolam atau akuarium. Amonia dapat terbentuk dari sisa makanan dan juga feses dari ikan. Akumulasi amonia dapat mengganggu kesehatan ikan koi terutama pada bagian insang. Anda dapat menggunakan bahan kimia yang dapat mereduksi jumlah amonia dalam kolam untuk pemakaian jangka pendek. 

2.Kekurangan Oksigen

Sebagian perihal butuh di cermati supaya supply oksigen di dalam kolam lumayan semacam banyaknya ikan,tumbuhan air serta pula oksigen buatan yang disediakan.Dikala ikan koi berkembang,kebutuhan hendak oksigen pula meningkat.Siapkan kolam kamu supaya senantiasa memiliki ruang lumayan buat dimensi koi kamu berkembang besar.

3.Terjangkit Penyakit

Seperti yang kita tahu ikan koi pula dapat terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus serta kuman sehingga dapat terancam efek kematian yang besar.Ada pula sebagian tipe penyakit yang kerap melanda ikan koi serta metode mengatasinya hendak kami jelaskan selaku berikut:

Jamur batang ingsang

penyakit jamur adalah tipe penyakit universal yang kerap terjalin pada ikan,paling utama ikan yang mempunyai area yang kotor,serta temperatur yang tidak normal.Karakteristik-karakteristik yang terlihat ketika ikan koi terinfeksi penyakit ini merupakan akan timbul bintik ataupun bercak putih disekitar mulut ikan koi,bercak ini hendak terus menyebar ke segala badan ikan koi.Bila kamu tidak lekas melaksanakan penindakan yang pas,jamur tersebut bisa menyebar melanda ingsang.Sehingga hendak menimbulkan insang membusuk serta kematian ikan koi tidak bisa dihindarkan.

Aeromonas

Aeromonas merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kuman aeromonas hydrophila.Penyakit ini kerap dirasakan oleh ikan lele,namun ikan koi juga pula rawan terkena kuman ini.Indikasi dini yang diperuntukan oleh penyakit ini merupakan ikan koi hendak berganti warna jadi memeraah,perut hendak terlihat menjadi buncit,serta yang terakhir merupakan timbulnya bercak merah pada bagian insang ikan koi.Bila tidak lekas diatasi,bagian yang terkena bercak merah ini hendak hadapi pembusukan serta sisik ikan koi akan mulai nampak mengelupas.

Penyakit bintik putih

Penyakit ini mencuat sebab terdapatnya kuman yang tumbuh dalam badan ikan. Penyakit ini biasa melanda tipe ikan mengkonsumsi serta udang, dan dapat pula melanda tipe ikan hias semacam ikan koi. Tipe kuman yang menimbulkan penyakit ini merupakan protozoa. Indikasi yang dimunculkan merupakan timbulnya bintik– bintik putih pada bagian badan ikan koi. Bila dilihat secara sekilas, nyaris menyamai jamur. Namun sesungguhnya kedua penyakit ini sangatlah berbeda.

Perbandingan tersebut terletak dari penyebaran penyakit ya. Bila jamur hendak menyebar totalitas badan ikan, serta menimbulkan pembusukkan, ta tetapi penyakit bintik putih ahanha hendak memunculkan bintik putih yang menimbulkan penyusutan nafsu makan pada ikan koi. Sehingga kebutuhan nutrisi ikan tidak terpenuhi serta bisa menimbulkan kematian.

Cacing kulit

Cacing kulit merupakan tipe parasit yang jadi pemicu penyakit ini. Tipe parasit tersebut merupakan gyrodactylus sp, serta berwujud semacam cacing yang berdimensi sangat kecil. Penyakit tipe ini hendak menimbulkan rasa gatal

– gatal ke segala bagian badan ikan koi. Serta membuat ikan mempunyai Kerutinan baru buat menggesekan tubuhnya ke bawah kolam ataupun bilik kolam. Dampaknya hendak kerap terjalin gesekan yang menimbulkan badan ikan hadapi cedera, ataupun apalagi terinfeksi penyakit yang lain.

Dropsy

Penyakit ini disyarati oleh mengelupasnya sisik pada ikan koi serta badan ikan koi jadi membesar. Sehingga hendak membuat ikan koi susah bergerak serta bernapas. Buat itu bila membuktikan indikasi ini lekas jalani penindasan yang pas supaya ikan dapat terselamatkan dari ancaman kematian.

4.Kepadatan Kolam Tinggi

Kepadatan berlebih pada kolam koi dapat berpotensi menyebabkan berbagai masalah seperti timbunan kotoran berlebih, turunnya kadar oksigen terlarut, serta dapat menimbulkan stress pada ikan yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Timbunan kotoran berlebih dari sisa pakan ataupun feses ikan dapat menyebabkan munculnya amonia. Jumlah ikan yang lebih banyak akan meningkatkan kebutuhan oksigen pada kolam. Jika kepadatan populasi di kolam tidak diimbangi dengan penambahan oksigen, maka ikan akan kekurangan oksigen dan dapat mengalami kematian.

5.Pemberian Makanan yang Berlebihan(overfeeding)

Kondisi pertama ini sering diabaikan oleh pemilik ikan koi. Padahal sudah banyak terjadi dan berakibat buruk kepada ikan koi yang dipelihara. Hal ini bisa disebabkan kurangnya pengetahuan pemilik terhadap takaran pemberian makan yang pas untuk ikan koi. Bahkan para pemilik ikan koi pemula cenderung memiliki ketakutan jika ikan koi sampai kekurangan makanan. Sehingga pemilik tersebut akan terus memberi makanan tanpa memperhitungkan jumlah takaran atau jadwal makan ikan koi.

Padahal tanpa disengaja pemberian makanan yang berlebih bisa mengancam habitat ikan koi. Air kolam atau aquarium akan mudah tercemar sisa kotoran dan zat amoniac sia dari makanan yang tidak dimakan oleh ikan koi. Sehingga akan terjadi pencemaran yang menyebabkan kematian pada ikan koi.

Untuk menghindari ya hendaknya anda memberikan jadwal pemberian makanan pada koi. Dan anda harus membagikan informasi jadwal pemberian makanan pada ikan koi kepada seluruh anggota keluarga. Sehingga overfeeding ini bisa dihindarkan.

6.Pemakaian Mesin Nano Bubble Supaya Koi tidak Mati Mendadak

Mesin nanobubble bisa tingkatkan mutu air kolam koi kamu dengan memberikan bonus oksigen terlarut pada air. Pemakaian mesin nanobubble bisa meminimalisir terbentuknya stress pada ikan koi maupun kematian tiba- tiba pada koi. Salah satu pengguna mesin nanobubble, Ayah Salomo Sihombing, berkata kalau tadinya terjalin kematian pada ikan koi miliknya sehingga dia memasang mesin nano bubble pada kolam koi buat menjauhi peristiwa seragam. Saat ini ikan koi jadi lebih sehat, lincah, serta pula rupanya jadi lebih terang.

Itulah penyebab serta cara mengantisipasinya ikan koi mati mendadak. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat Ya!! Baca juga artikel yang ada di http://sumberkoi.com mengenai ikan koi Ya!!

Post Comment