1. Pilih Kolam Ikan Koi yang Tepat

Cara budidaya ikan koi yang pertama yakni, menyiapkan kolam ikan terlebih dahulu

Kamu bisa menggunakan material apapun untuk membuat kolam, namun pastikan kedalaman minimalnya 50 cm. Akan lebih baik jika kamu membuatnya hingga 1 meter, agar dapat menampung air sebanyak 1100 liter untuk setiap ikan. Untuk lebar kolam tak ada ukuran pasti, yang penting pastikan ikan memiliki ruang gerak yang cukup, sehingga ia dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

2. Gunakan Air Bersih untuk Mengisi Kolam

Untuk pengisian pertama, jangan langsung memasukkan ikan bersama air. Ini penting, untuk menghindari ikan mati akibat senyawa kimia yang mungkin menempel di permukaan kolam. Setelah kurang lebih seminggu, kuras air untuk merendam kolam tersebut dan ganti dengan air baru. Uji kondisinya dengan meletakkan satu ikan terlebih dahulu, jika aman baru masukkan ikan lainnya satu persatu.

3. Cara Memelihara Ikan Koi dengan Memasang Pasang Filter Air

Saat budidaya ikan koi, penting untuk selalu menjaga kualitas air yang digunakan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memasang filter air. Sistem filter akan menyaring kotoran halus dan mengurai racun ammonia sisa proses pencernaan ikan. Dengan cara merawat ikan koi satu ini, kebersihan air kolam bisa selalu terjaga.

4. Cara Memelihara Ikan Koi dengan Memberi Pelet Berkualitas

Pilih pelet berkualitas untuk ikan kesayanganmu. Tak hanya itu, beri asupan tambahan dengan pelet yang mengandung protein tinggi. Yakni, pelet dengan kandungan protein lebih dari 30 persen dan kandungan lemak sekitar 5 persen. Sebelum memberinya pada ikan, rendam dulu pelet di air selama 30-60 detik. Agar pelet lebih mudah dicerna dan tak menyumbat saluran pencernaannya.

5. Rutin memberi makan ikan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak

Sama seperti makhluk hidup lainnya, ikan pun butuh diberi makan secara rutin. Beri makan ikan koi dua kali sehari pada pagi dan sore hari dengan jumlah makanan yang tidak terlalu banyak. Jenis makanan yang bisa kamu berikan kepada ikan adalah pelet atau pakan ikan, cacing rambut, jentik nyamuk, dan kutu air. 

6. Letakan tanaman air di dalam kolam

anaman air, seperti algae atau teratai, tak hanya mempercantik kolam. Algae berfungsi pula sebagai penyuplai oksigen tambahan di dalam air, sehingga kolam selalu dalam keadaan prima. Supaya kolam kamu semakin cantik, letakan beberapa tanaman air di dalamnya.

7. Menyiapkan Tempat Khusus Karantina 

Ikan koi tidak bisa kita letakkan langsung ke dalam kolam buatan yang ada di halaman rumah. Mereka harus dikarantina setidaknya selama tiga hingga lima hari setelah dibeli. Teman-teman dapat menggunakan bak plastik atau akuarium sebagai tempat karantinanya.

8. Batasi Jumlah Ikan Koi Dalam Satu Kolam

Ikan koi hidup layaknya jenis-jenis hewan lainnya. Mereka tidak akan bisa tumbuh berkembang dengan sempurna jika dalam satu rumah yang mereka huni terlalu banyak ikan lainnya, meskipun umur mereka masih kecil. Oleh sebab itulah, kamu harus membatasi maksimal hanya ada 300 ekor ikan koi di dalam kolam dengan kedalaman 40cm dan ukuran 3cm x 4cm.

9. Usahakan Selalu Terkena Sinar Matahari Langsung

Ikan koi hidup membutuhkan sinar matahari secara langsung agar gaya berenangnya teratur, tidak mudah stress dan mampu tumbuh besar menjadi ikan koi yang memiliki nilai jual tinggi. Lagipula, sinar matahari adalah sumber energi yang tidak perlu kamu beli lagi, kok. Jadi, usahakanlah membuat kolamnya tersinari matahari.

10. Endapkan Air Kolam Terlebih Dahulu

Setelah kolam ikan koi yang tadi kamu persiapkan sudah siap beres, kini saatnya untuk memasukkan air ke dalamnya. Biarkan air pertama ini mengendap di dalam kolam terlebih dahulu minimal 24 jam. Pengendapan ini bertujuan untuk membersihkan dan menghindari adanya bahan kimia tercampur pada air, semen, dan beton.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sumberkoi.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore


Services

  • UI Design
  • Digital Strategy
  • Social Media
  • Content Writing

Contact

  • Jl. Sunset Road No.815 Kuta, Badung, Bali – 80361
  • (021) 123 – 4567
  • support@domain.com