5 Tips Memelihara Ikan Koi


5 Tips Memelihara Ikan Koi
  1. KOLAM DAN SISTEM FILTER YANG MEMADAHI

Untuk ukuran lebar kolam tidak ada patokan. Namun, diusahakan tidak terlalu sempit dengan kedalaman minimal 50 cm. Gunakan sistem filter yang memadai agar kualitas air tetap terjaga.

  1. PASTIKAN HANYA MEMBELI IKAN YANG SEHAT

Pastikan anda membeli ikan dari penjual yang terpercaya dan memiliki pengalaman khususnya dalam menangani ikan koi dan punya fasilitas untuk karantina ikan koi.

  1. BATASI POPULASI IKAN DI KOLAM

Hal yang sering menjadi awal menurunnya kondisi air di kolam adalah populasi ikan di kolam yang terlalu banyak dibandingkan dengan volume kolam dan filternya (Over-populasi). Semakin banyak ikan, membuat level ammonia meningkat dan lama-lama akan meracuni kolam, sebagai patokan kepadatan populasi normal kolam ikan dengan volume 1M Kubik (1000 Liter) bisa dihuni oleh 5 ekor ikan ukuran 35 cm-an.

  1. BATASI PEMBERIAN PAKAN

Membatasi pemberian pakan adalah salah satu cara memelihara ikan koi, jika anda paksa memberi makan dengan jumlah berlebihan, ini akan berakibat pada ammonia yang meningkat. Kondisi ini bisa jadi awal dari bahaya ikan sakit bahkan mati.

  1. PEMELIHARAAN RUTIN FILTER DAN AIR KOLAM

Lakukan pencucian media filter, terutama media filter mekanis. Lakukan pembersihan media filter dakron blok 2-3 bulan sekali, atau kalua dirasa perlu bisa sebulan sekali untuk mengurangi kadar ammonia dan disarankan anda melakukan penambahan air di kolam. Penggantian air dilakukan 10 sd. 20% dari volume kolam dengan frekuensi dua minggu atau sebulan sekali. Hal ini akan dengan cepat meningkatkan kualitas air kolam.

sumberkoi.com

Lorem ipsum dolor sit amet, consecte adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore


Services

  • UI Design
  • Digital Strategy
  • Social Media
  • Content Writing

Contact

  • Jl. Sunset Road No.815 Kuta, Badung, Bali – 80361
  • (021) 123 – 4567
  • support@domain.com